Hand Sanitizer Bisa Gantikan Fungsi Cuci Tangan Pakai Sabun?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 481 2308030 hand-sanitizer-bisa-gantikan-fungsi-cuci-tangan-pakai-sabun-FUWTCB2tjv.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Selama pandemi virus corona Covid-19, masyarakat di seluruh dunia disarankan untuk rajin menjaga kebersihan tubuh. Salah satu hal yang penting dilakukan adalah rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Saat ini hand sanitizer menjadi salah satu barang Andalan yang paling sering digunakan. Sebab bentuknya yang kecil dan praktis sangat memungkinkan untuk dibawa kemana saja. Namun apakah peran hand sanitizer bisa seutuhnya menggantikan anjuran untuk mencuci tangan sesuai dengan protokol kesehatan yang ada?

Hand Sanitizer

Menjawab hal tersebut Corporate Communication Director PZ Cussons Indonesia, Elly Mustrianita mengatakan mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir masih menjadi suatu hal yang penting dan wajib dilakukan sebanyak mungkin. Namun terkadang ada situasi di mana seseorang tidak bisa mencuci tangan dengan air, khususnya pada saat berpergian di luar rumah.

“Kalau cuci tangan bisa harus dirumah, tapi kalau pergi ke luar kita hanya bisa menggunakan hand sanitizer untuk mencuci tangan,” ucap Elly dalam Konferensi Pers Garuda Indonesia dan Carex Beri 2X Perlindungan Untuk Indonesia, Rabu (11/11/2020).

Baca Juga : 8 Artis Indonesia Kandidat Wajah Tercantik 2020

Di saat bersamaan Elly mengatakan saat ini masyarakat banyak yang salah kaprah dengan fungsi utama hand sanitizer selama pandemi Covid-19. Sebagian masyarakat menjadi enggan mencuci tangan dan hanya menggunakan hand sanitizer padahal kondisinya masih memungkinkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Jadi fungsi hand sanitizer ini tidak bisa menggantikan pentingnya cuci tangan, namun hanya sebagai alternatif untuk menjaga tangan tetap bersih saat berada di luar rumah,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini