4 Manfaat Tomat untuk Menjaga Kecantikan Kulit Anda

Adella Christyanti, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 611 2307827 4-manfaat-tomat-untuk-menjaga-kecantikan-kulit-anda-dFxDKRXA0Z.jpg Manfaat tomat (Foto: Home Guides)

Tomat merupakan buah yang banyak dijual dengan harga relatif murah. Tomat pada umumnya punya warna merah mengkilat. Buah yang satu ini seringkali dikira sayuran dan sering dijadikan bahan masakan.

Dalam hal perawatan kulit, tomat adalah salah satu pengobatan favorit dan paling efektif untuk kulit yang bersih dan sehat. Tomat tidak hanya penuh nutrisi tetapi juga sangat efektif dalam menyembuhkan dan memperbaiki kulit.

Nah, selain itu ternyata tomat ada manfaat lainnya. Apa saja manfaatnya? Berikut ini manfaat tomat untuk kulit agar tetap lembut, kenyal, dan cantik seperti dilansir dari Food.ndtv.

 masker tomat

1. Mengurangi minyak di kulit

Tomat tidak hanya sangat baik untuk mengurangi sifat berminyak di kulit, tetapi juga membantu menjaga kulit lebih bersih dan kencang. Gosok tomat mentah ke seluruh kulit dan biarkan selama lima menit sebelum Anda bersihkan.

2. Mengurangi pori-pori terbuka

Tomat membantu mengurangi pori-pori terbuka dan komedo. Cukup potong tomat menjadi dua dan gosokkan ke seluruh kulit, biarkan buah tomat meresap ke dalam pori-pori. Biarkan selama 15 menit dan bersihkan.

3. Mengurangi efek sengatan matahari

Serat dengan Vitamin C dan A, tomat tidak hanya memberikan kulit tampilan yang lebih segar dan lebih cerah, tetapi juga membantu mengurangi efek sengatan matahari. Campur jus tomat dengan sedikit buttermilk dan oleskan ke kulit agar meresap ke dalam kesejukan ramuan ajaib ini.

Bahkan jika Anda mengalami ruam akibat terbakar sinar matahari, hal itu akan menenangkan kulit, mengurangi panas pada permukaan kulit dan juga meratakan kemerahan akibat sengatan matahari.

 Baca juga: Alquran dan Sains Jelaskan Hujan Bisa Memurnikan Air Bumi

4. Bisa jadi scrub gula tomat

Haluskan 2 buah tomat, es batu, 20 daun mint, dan 2 buah lemon dalam blender. Lalu ambil lima sendok makan gula dan aduk rata ke dalam ramuan ini. Gunakan ini untuk menggosok ke wajah, leher, dan tangan hingga butiran gula meleleh.

Lulur ini digunakan untuk eksfoliasi, membersihkan, menghilangkan kotoran dan menutrisi kulit secara alami. Gunakan dua kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini