Tips Anti-Depresi Usai Putus Cinta, Ini Caranya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 612 2307874 tips-anti-depresi-usai-putus-cinta-ini-caranya-2l1gnK30ac.jpg Putus cinta (Foto: Go Magazine)

Perasaan sedih, sakit hati, kecewa, marah, atau galau tak berkesudahan menjadi karakteristik seseorang yang baru saja putus cinta. Jika dibiarkan, risiko depresi bisa membahayakan kesehatan mental.

Oleh karena itu, orang yang baru putus cinta sejatinya perlu dikelilingi oleh lingkungan yang positif dan mau menerima kehadirannya. Ini diperlukan supaya kondisi mentalnya tidak terguncang lebih dalam.

 putus cinta

Selain mendapatkan dukungan orang lain, upaya berikutnya yang bisa dilakukan adalah mulai menyadari pentingnya diri Anda sendiri. Ya, memberikan perhatian penuh pada diri sendiri usai putus cinta sangat penting.

Menurut Terapis Pernikahan dan Keluarga Katherine Parker, usai putus cinta merupakan momen untuk Anda memprioritaskan diri Anda sendiri.

Beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan ialah melakukan hobi Anda yang mungkin selama ini jarang dilakukan selama menjalin cinta dengan mantan kekasih, sibuk berolahraga, atau memasak.

"Semua kegiatan positif itu membantu Anda memproses perasaan Anda. Jangan lupa untuk cukup tidur, tapi jangan kemudian terlalu banyak tidur karena bisa menggangu tanggung jawab yang memang harus Anda lakukan," kata Parker dilansir dari Health Line.

Bila Anda ingin mengundang teman untuk sekadar menonton film bersama, makan bersama, Parker pun membolehkannya.

Kegiatan semacam itu pun bisa membuat perasaan Anda jauh lebih bahagia dan memulihkan hati yang tersakiti.

Baca juga: Alquran dan Sains Jelaskan Hujan Bisa Memurnikan Air Bumi

"Tapi, kegiatan bersama teman-teman ini jangan jadi kebiasaan, karena bagaimana pun Anda butuh waktu sendiri juga untuk lebih memahami siapa diri Anda dan apa yang akan dilakukan setelah ini," tambahnya.

Namun, perlukah bersedih atau menangis?

Parker menegaskan tidak ada larangan buat Anda yang baru saja putus cinta untuk bersedih atau menangis. Perasaan semacam itu bahkan harus diekspresikan untuk membantu proses penyembuhan luka batin.

Namun, jika Anda sulit untuk mengungkapkan isi hati dan cuma bisa menangis, maka disarankan untuk menulis perasaan itu di buku, diary online, atau diceritakan ke orang lain.

"Pilih orang yang rasanya pernah mengalami hal serupa supaya Anda pun merasa nyaman ketika bercerita," jelas Parker.

Ingat sekali lagi bahwa sedih berkelanjutan juga tidak baik untuk kesehatan mental Anda. "Jadi, jangan terjebak dalam kesedihan, karena biasanya tidak akan membantu Anda untuk jadi lebih baik," tegasnya.

Kalau pikiran itu terus berkubang di otak, Parker menyarankan untuk keluar rumah, pergi ke taman, bertemu orang lain, ketemu sahabat, atau melakukan apapun di luar rumah yang penting berjemur.

Ini akan membantu Anda melepaskan perasaan sedih tersebut dan penyembuhan bisa lebih baik hasilnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini