Tips Cegah Anak Kecanduan Gadget saat Bermain di Rumah

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 20:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 612 2308138 tips-cegah-anak-kecanduan-gadget-saat-bermain-di-rumah-xUloaCLPOH.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Di masa pandemi yang saat ini, kegiatan bermain anak-anak sangatlah dibatasi, khususnya di luar ruangan. Buah hati Anda tentunya harus dijaga semaksimal mungkin, dan akan menghabiskan waktu di rumah.

Psikolog anak, Anastasia Satriyo mengatakan, meski anak-anak berada di dalam rumah namun jangan memberikannya gadget, karena ini akan mengakibatkan kecanduan.

"Lebih baik anak dibatasi main gadget. Ajak bermain dengan permainan fisik," katanya saat menggelar konfersi pers secara virtual, bertajuk Ayo Main: Inspirasi Ciptakan Momen Main Seru Bersama Anak, Rabu, (11/11/2020).

Ibu dan anak

Anas melanjutkan, sebaiknya orangtua memberikan tempat khusus untuk bermain anak-anak sehingga mereka memiliki ruang khusus ketika akan mengekspresikan dirinya.

Psycho toys atau mainan yang melibatkan motorik anak sangat membantu ketika mereka harus bermain di dalam rumah. Hal ini bisa menjauhkan anak-anak dari gadget.

Baca Juga : 8 Artis Indonesia Kandidat Wajah Tercantik 2020

Selain itu kedua orangtua juga harus menyediakan waktu bermain dengan anak-anak, minimal 30 menit dalam sehari. Hal ini berpengaruh terhadap pertumbuhan kepribadian anak, serta mereka juga tidak merasa kesepian.

"Misalnya saat makan siang, ada waktu satu jam untuk bersama mereka. Sesibuk apapun luangkan waktu untuk anak," terangnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini