Latih Tumbuhkan Empati Anak dengan 3 Cara Ini

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 12 2308291 latih-tumbuhkan-empati-anak-dengan-3-cara-ini-aGYQdlSpst.jpg Foto : Freepik

Orangtua harus menyadari pentingnya menumbuhkan dan mengajarkan rasa empati pada anak sejak dini. Empati adalah kemampuan untuk mengolah rasa, yang harusnya dimiliki semua orang, sekalipun itu anak-anak.

Rasa empati membuat anak dapat menempatkan diri pada posisi orang lain dan memahami emosi dari perasaan orang tersebut. Dengan adanya rasa empati, anak dapat membangun dan menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitarnya. Sehingga tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Dengan menumbuhkan rasa empati, anak pun semakin termotivasi untuk #KejarMimpi dalam mewujudkan cita-citanya.

Sebagai orangtua, Anda tidak perlu khawatir karena menumbuhkan rasa empati pada anak sebenarnya tidaklah sulit. Menumbuhkan rasa empati pada anak dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana. Berikut cara menumbuhkan rasa empati pada anak:

Ajari anak cara mengatasi emosi negatif

Jangan biarkan anak menunjukkan emosi negatif terus-terusan. Mulai sejak dini, Anda harus mengajari anak Anda cara mengatasi emosi negatif dengan cara yang positif.

Cara ini juga dapat membantu menumbuhkan rasa empati pada diri anak sejak kecil. Ketika anak Anda terlihat akan bertengkar dengan temannya, jangan langsung memarahinya. Sebaiknya lerai pertengkaran dan tunggu sampai ia merasa agak tenang.

Nah, setelah dirasa sudah tenang, pelan-pelan ajak anak Anda dan temannya untuk berbicara tentang apa yang mereka rasakan. Pastikan Anda mendengarkan penjelasan mereka dengan seksama.

Setelah itu, berilah pemahaman kepada anak bagaimana cara mengekspresikan perasaan mereka dengan cara yang lebih tepat, seperti “Kalau kakak kesal waktu Rani ambil boneka kakak, jangan dipukul ya, Kak”

Sampaikan juga cara yang sebaiknya dilakukan anak Anda, “Kakak bisa bicara baik-baik sama Rani untuk gantian atau berdua main bonekanya”. Selain menanamkan rasa empati, secara tidak langsung Anda juga telah mengajarkan anak untuk berbagi.

Berikan contoh yang baik

Anak adalah peniru yang ulung. Berdasarkan Harvard Graduate School of Education. Segala hal baik dan buruk yang anak tunjukkan tak terlepas dari caranya meniru perilaku orangtua atau orang di sekitarnya.

Oleh karena itu, untuk menumbuhkan rasa empati anak, pastikan Anda juga memberikan contoh yang baik.

Tunjukkan padanya menjadi orang yang sopan, bersikap baik dan penuh kasih terhadap semua makhluk hidup.

Dengan membantu anggota keluarga, teman, tetangga, dan bahkan orang lain yang mengalami kesulitan, Anda sudah mengajari si kecil bagaimana menjadi orang yang berempati.

Biasakan anak untuk tidak mengejek dan mem-bully

Menumbuhkan rasa empati pada anak bisa Anda latih juga dengan mengajarkan si kecil agar tidak mengejek temannya. Berilah pengertian pada anak bahwa sengaja menyakiti perasaan orang lain, entah dalam bentuk apapun, adalah sebuah tindakan yang salah.

Ajarkan anak Anda untuk segera meminta maaf ketika mereka secara sengaja atau tidak melontarkan kata-kata cacian atau intimidasi pada orang lain.

Penting bagi anak Anda untuk mengetahui bahwa siapapun, bahkan seseorang yang terlihat atau bertindak berbeda juga memiliki perasaan yang sama seperti dirinya.

Jadi, sejak dini anak bisa memahami bahwa semua orang pantas diperlakukan dengan baik dan terhormat termasuk dirinya.

Mengajarkan dan menumbuhkan rasa empati di dalam diri anak sejak kecil memang tidaklah mudah. Anak mungkin kerap kali bertanya terkait berbagai hal yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Usahakan untuk menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami anak sampai ia benar-benar mengerti bahwa rasa empati itu perlu ada dan dibawa hingga dewasa.

 CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini