Dear Ayah, Ini Cara Supaya Makin Dekat dengan Anak

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Kamis 12 November 2020 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 12 2308306 dear-ayah-ini-cara-supaya-makin-dekat-dengan-anak-YyAQcghdrO.jpg Foto: Dok Freepik

Siapa bilang pengasuhan anak hanya tugas ibu semata? Faktanya, peran ayah dalam pengasuhan sangat dibutuhkan mulai dari 1.000 hari pertama kehidupan anak. Setiap orang tua tentu ingin sang anak dapat dekat dengan mereka. Tak hanya ibu saja yang bisa dekat dengan anak-anaknya, tapi juga ayah.

Membangun kedekatan anak dan orang tua sangat penting dalam membantu anak dalam #KejarMimpi. Terlebih lagi bagi ayah untuk dapat melibatkan diri bermain dengan anak-anaknya. Sebab, keterlibatan ayah dapat mendorong keterampilan motorik, kepemimpinan, serta pengembangan kognitif dan kemampuan mengendalikan emosi secara lebih baik.

Namun karena kesibukan bekerja, banyak ayah yang hanya memiliki sedikit waktu untuk anaknya. Pada akhirnya, para ayah pun kebingungan bagaimana caranya agar dapat dekat dengan anak-anak mereka. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh ayah untuk dapat bermain dan lebih mendekatkan diri pada anak:

1. Antar Jemput Anak

Aktivitas sederhana ini pasti seringkali dilakukan seorang ayah. Saat mengantar anak ke sekolah, maupun saat menjemputnya pulang, merupakan waktu yang tepat untuk menjalin komunikasi dan membangun hubungan emosional dengan anak.

Cobalah membuka topik pembicaraan dengan menanyakan bagaimana hari anak di sekolah. Tanyakan pula kabar teman-temannya, maupun apakah ada mata pelajaran yang sulit. Dengan cara ini, anak-akan mengerti jika berusaha mengerti dirinya dan anak perlahan-lahan akan membuka diri dan dekat dengan sang ayah.

2. Berikan Privasi

Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa penting memberikan anak privasi. Orang tua pun seringkali membombardir anak sehingga anak tidak punya privasi. Akibatnya anak pun menjauh dari orang tua. Misalnya anak sedang tidak mau diganggu, maka sebaiknya orang tua jangan mengganggunya. Berikan anak waktu untuk sendiri. Sebaliknya, ketika anak meminta sesuatu, maka orang tua pun harus merespon.

3. Quality Time dengan Kegiatan yang Pas

Dengan kesibukan ayah bekerja, tentunya jika dilihat dari waktu bermain bersama anak pun terlihat sedikit. Daripada para ayah terlalu mengkhawatirkan kuantitas atau berapa lama bermain dengan anak, lebih penting untuk memikirkan kualitas waktu bersama anak.

Seorang ayah dapat menghadirkan quality time bersama anak dengan kegiatan yang pas, seperti misalnya dengan berekreasi bersama anak ataupun atau bermain bersama anak.

Itulah beberapa kiat agar seorang ayah menjadi lebih dekat dengan anaknya. Semoga kiat di atas dapat membantu orang tua dalam mewujudkan cita-cita dan terus memotivasi anak dalam #KejarMimpi. anak.

 CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini