Tips Buat Kamu yang Sedang Mengatasi Quarter Life Crisis

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Kamis 12 November 2020 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 12 2308308 tips-buat-kamu-yang-sedang-mengatasi-quarter-life-crisis-5STpNKFJTm.jpg Foto: Dok Freepik

Tak sedikit kalangan milenial mengalami quarter life crisis atau suatu fase di mana memiliki kecemasan terhadap masa depannya. Kebanyakan takut jika tahun-tahun berikutnya berjalan tidak sesuai dengan harapan. Nah, fenomena ini sangat sering terjadi di kalangan milenial, yaitu kisaran umur 20-30 tahun.

Kondisi ini terjadi pula pada orang yang ragu pada masa depan dan kualitas hidup, seperti pekerjaan, asmara, hubungan dengan orang lain, hingga keuangan.

Kondisi seperti itu akan membuat kamu melakukan intropeksi dan merasa ada hal yang harus diubah dalam hidup. Namun, mereka juga tak tahu cara untuk memulainya sehingga tak jarang timbul rasa bingung dan kesepian.

Untuk mengatasinya kamu harus melalui beberapa tahapan. Berikut adalah beberapa cara untuk dapat mempermudah kamu dalam menghadapi quarter life crisis.

1. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Setelah melakukan kerja keras, kamu masih merasa tak puas dengan pencapaian yang diperoleh. Terkadang juga timbul rasa kecewa dengan diri sendiri. Penyebabnya sederhana, melihat kehidupan teman di media sosial. Saat melihatnya, kamu akan membandingkan hidupmu dengan kehidupan temanmu.

 

Foto (Freepik)

Patut kamu akui, perasaan kecewa hadir karena membandingkan dirimu dengan orang lain. Sehingga kamu merasa resah dan tertekan. Perlu kamu tahu, sesuatu yang terlihat bagus di media sosial belum tentu benar kenyataannya. Setiap orang memiliki masalah yang berbeda, begitu juga cara dalam menghadapi masalah tersebut.

2. Buat Skala Prioritas dan Rencana Hidup

Membuat rencana hidup untuk beberapa tahun ke depan akan membuatmu fokus terhadap impian terbesarmu. Salah satu langkahnya adalah mengetahui hal yang penting dalam hidup dan menjadikannya sebuah prioritas. Sehingga akan lebih jelas sesuatu yang kamu inginkan dan akan semakin terlihat nyata.

Ketika fokus dengan prioritas yang sudah disusun, gak ada lagi waktu untuk membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain.

3. Mengalir Apa Adanya

Kesalahan adalah sebuah hal yang wajar karena gak ada yang sempurna di dunia ini. Kita menyadari bahwa beberapa hal terjadi di luar kendali kita sebagai manusia. Semua butuh proses dan sesekali biarkan semua berjalan apa adanya.

Sebuah proses yang ada akan membantumu menjadi lebih dewasa dan kuat untuk menghadapi masalah yang akan datang.

4. Tanyakan pada diri sendiri apa impian terbesar dalam hidup

Menanyakan impian terbesar pada diri sendiri sama saja dengan membuat kita memikirkan masa depan. Mungkin kita bisa mencontoh Walt Disney, pemilik dari rumah produksi Walt Disney. Ia menciptakan semua karakternya dalam ruangan bernama The Dream Room, di mana ia bisa membuat segala hal menjadi nyata, tidak ada batasan, dan tidak ada penilaian.

Agar lebih mudah dan realistis, kita bisa mengubahnya dengan sebutan What If Room, sebuah tempat di mana kita bisa menanyakan pada diri sendiri tentang apa yang terjadi jika akhirnya kita berani keluar dari zona nyaman.

Pikirkan dan impikan segala hal yang kita inginkan, lalu setelah itu buatlah rencana untuk mewujudkannya. Dengan begitu, kita sudah mengantongi ‘guide’ untuk menjalani tujuan hidup yang baru

 CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini