5 Tips Menjadi Orang Tua yang Lebih Tenang di Masa Pandemi

Karina Asta Widara , Jurnalis · Kamis 12 November 2020 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 12 2308317 5-tips-menjadi-orang-tua-yang-lebih-tenang-di-masa-pandemi-SWGV8wxVBZ.jpg Foto : Freepik

Pandemi Covid-19 masih terjadi hingga saat ini. Situasi pandemi saat ini tentu membuat sebagian besar orang tua bisa mengalami stres. Untuk mengurangi stres, orang tua harus cermat dalam bekerja dan membagi waktu dalam membantu anak-anak dengan pekerjaan rumah serta melakukan pekerjaan rumah tangga. Pandemi telah memaksa orang tua harus bekerja secara multitasking dalam waktu yang sama.

Masa pandemi saat ini merupakan waktu yang sangat melelahkan. Menjadi orang tua selama masa Covid-19 sebenarnya tidaklah praktis. Meskipun hingga saat ini belum ada kepastiam kapan pandemi akan berakhir, dan situasi akan kembali normal, Anda dapat mencoba 5 tips yang dapat dilakukan orang tua untuk tetap tenang selama masa pandemi. Sehingga dapat membantu memotivasi anak Anda untuk terus #KejarMimpi.

Bermain Bersama Anak

Sama seperti saat Anda mendorong anak-anak Anda untuk menghabiskan waktu mereka secara kreatif. Cobalah bermain dengan mereka juga. Anak-anak juga menghadapi tekanan yang sangat besar selama masa-masa yang tidak pasti ini. Mereka bergantung pada orang tua mereka untuk mendapatkan dukungan dan pelukan yang menenangkan. Menghabiskan waktu bersama mereka juga bisa membuat Anda merasa tidak stres dan tetap tenang. Ini juga bisa menjadi cara untuk tetap terhubung dengan mereka.

Berikan Momen Istimewa

Anak-anak terutama yang masih kecil belum begitu paham dengan konsep ‘bekerja dari rumah’. Membuat struktur dalam rutinitas harian Anda adalah salah satu cara untuk mengendalikan berbagai hal. Biasakan untuk makan dua kali dalam sehari bersama-sama. Sebagai keluarga dan coba hentikan perangkat elektronik Anda pada waktu yang ditentukan (meskipun rasanya tidak mungkin). Menjauhlah dari pekerjaan dan bicaralah dengan anak-anak Anda. Tanyakan kepada mereka bagaimana hari mereka, bicarakan dengan mereka tentang hari Anda. Ini bisa menjadi pengalihan yang sehat untuk Anda dan membuat mereka merasa penting juga.

Kreatif dalam Mengasuh Anak

Sebagai orang tua, Anda tidak harus mengikuti setiap kegiatan kreatif yang disarankan di dunia maya. Meskipun menekankan pentingnya waktu bermain, para orang tua tidak harus melakukan semua yang ada di internet. Mengasuh anak bukanlah hal yang harus sama untuk semua. Internet menyajikan banyak inspirasi kreatif, tujuan Anda adalah untuk menjaga keluarga Anda aman dan bahagia, dengan cara apapun yang bisa Anda lakukan.

Perkuat Perilaku yang Baik

Anak-anak juga menjauh dari teman sebayanya dan mereka pasti akan rewel. Meskipun Anda tidak dapat mengontrol perilaku mereka sepanjang waktu, pandemi adalah waktu terbaik untuk mempraktikkan apa yang disebut para ahli, penguatan positif. Dorong atau beri penghargaan atas perilaku baik mereka. Pujian dan kepositifan sangat membantu dalam membentuk harga diri mereka, terutama dengan anak yang lebih besar.

Anda juga dapat menggunakan waktu istirahat ini untuk keuntungan Anda. Para ahli mengatakan bahwa strategi ini adalah cara terbaik untuk mendisiplinkan anak-anak, tanpa takut akan konsekuensi yang ekstrim. Ingat, selama anak-anak Anda tidak melakukan sesuatu yang berbahaya, menjadi agresif dengan mereka tidak akan membantu.

Bersikaplah Lebih Baik kepada Diri Sendiri

Salah satu langkah pertama untuk menjadi orang tua yang baik dan memberikan contoh yang baik adalah bersikap ramah pada diri sendiri. Apakah Anda orang tua baru, mengasuh remaja yang membuat ulah, memiliki rumah yang penuh dengan anak-anak atau tinggal bersama dengan anak-anak yang lebih besar, sangatlah penting bagi Anda untuk menjadi tangguh secara mental dan mempraktikkan perawatan. Tidur nyenyak, makan sehat, olahraga, manjakan diri dengan waktu luang dan ambillah bantuan dari keluarga Anda untuk mengurangi tekanan dan menjadi orang tua yang bahagia.

Mempraktikkan 5 tips mudah ini membantu Anda menjadi orang tua yang lebih baik dan tidak membiarkan kepanikan atau ketakutan menguasai Anda. Ingatlah, sebagai orang tua harus selalu memotivasi anak untuk terus berjuang dalam #KejarMimpi.

 CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini