Olahraga Online Jadi Tren Selama Pandemi Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 481 2308360 olahraga-online-jadi-tren-selama-pandemi-covid-19-jCZUjaz74w.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Banyak dari Anda mulai menerapkan pola hidup sehat gegara pandemi Covid-19. Salah satu buktinya bisa dilihat dari olahraga yang semakin nge-tren, mulai dari aktivitas fisik luar ruangan maupun olahraga di rumah saja.

Menjaga kebugaran menjadi salah satu fakto penting untuk menghindari tubuh dari paparan virus berbahaya, termasuk Covid-19. Sebab, dengan tubuh yang sehat dan bugar, kekebalan pun akan kuat dan ini membuat virus penyebab penyakit tidak mudah menginfeksi tubuh.

Menariknya, di tengah pandemi ini tren olahraga virtual banyak dilirik masyarakat. Tentu, alasannya supaya tetap beraktivitas fisik tapi tidak keluar rumah.

Olahraga di Rumah

Baca Juga : Pesona Chef Renatta Moeloek Bergaya Urban Style di MasterChef Indonesia

Salah satunya diterangkan Silmi, warga Tangerang Selatan. Ia memilih olahraga virtual atau online dengan alasan paling mudah untuk dilakukan, dibandingkan olahraga keluar rumah yang membuat dirinya khawatir bisa terpapar Covid-19.

"Olahraga virtual itu memungkinkan saya tetap berkeringat tapi juga membuat saya aman karena tetap di rumah. Lagipula, instruktur olahraga virtual juga sangat mudah memberikan arahannya dan gerakan yang diberikan bukan sesuatu yang sulit," terangnya pada Okezone, Kamis (12/11/2020).

Lebih lanjut, tren olahraga online ini memang terbukti nge-tren dilihat dari data survei yang dikeluarkan Survei Konsumen Indonesia yang dilakukan oleh McKinsey. Dikatakan di sana bahwa aplikasi kebugaran dan olahraga online akan menjadi primadona baru pada saat dan pasca Covid-19.

Hal ini menunjukkan bahwa pengguna aplikasi kebugaran akan meningkat dari 35 persen menjadi 69 persen per tahunnya. Itu tercermin dari startup olahraga lokal asal Indonesia yang mengalami peningkatan pesat pasca Covid-19.

"Tren tersebut mencerminkan pertumbuhan pelanggan aktif lebih dari 1000 persen selama 6 bulan terakhir," ujar Fauzan Gani, CEO salah satu aplikasi online dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, belum lama ini.

Dia menegaskan bahwa aplikasi olahraga online yang membuka kelas-kelas ataupun event olahraga secara online itu dapat membantu masyarakat untuk tetap berolahraga guna meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19.

Olahraga di Rumah

Sementara itu, Nadia Saphira, salah satu pemilik studio olahraga di kawasan Senopati, Jakarta, mengatakan bahwa kehadiran aplikasi olahraga online terus membantu para pemilik studio dan trainer mendapatkan pelanggan baru. Aplikasi semacam itu pun membantu industri dan bisnis olahraga tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19.

"Tentu sangat berat untuk bisnis, tetapi dengan adanya peran aplikasi online, studio kita mendapatkan bantuan kelas-kelas online dan juga event-event online. Jadi masyarakat bisa tetap hidup sehat dan imunitas tubuh bisa terjaga," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini