Awas, Hipertensi Bisa Sebabkan Gagal Jantung!

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 481 2308485 awas-hipertensi-bisa-sebabkan-gagal-jantung-dCwJ4aQCCN.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Tekanan darah atau disebut hipertensi ternyata sangat berakibat fatal terhadap kesehatan. Hipertensi dapat memicu serangan jantung, stroke, pecahnya pembuluh darah hingga berujung kematian.

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Dr. BRM Ario Soeryo Kuncoro, Sp. JP(K) mengatakan, hipertensi dapat menyebabkan penyempitan arteri yang kurang elastis membuat darah lebih sulit mengalir dengan lancar, dan mudah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang menyebabkan jantung bekerja lebih keras.

"Progresif di mana otot jantung tidak dapat memompa cukup darah melalui jantung untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan darah dan oksigen," katanya dalam konferensi pers virtual bertajuk Kelola Hipertensi, Cegah Gagal Jantung dan Kematian, Kamis (12/11/2020).

Hipertensi

Ia melanjutkan, gagal jantung biasanya menyebabkan jantung membesar. Penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh hipertensi akan meningkatkan risiko tersebut.

Baca Juga : Pesona Kecantikan Jessica Iskandar, Hot Mom yang Diterpa Isu Video Syur

Menurutnya, selain jantung dan pembuluh darah hipertensi juga bisa merusak jaringan otak, ginjal dan bisa mengakibatkan kebutaan. Khususnya bagi yang sudah lanjut usia, penyakit penyerta akan sangat rawan terhadap kesehatan seluruh organ tubuhnya.

Oleh karenanya pasien hipertensi dianjurkan untuk memeriksakan tekanan darahnya. Serta patuh terhadap pengobatan yang sedang dijalaninya, supaya tetap terkontrol.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini