4 Alasan Mandi Air Dingin Lebih Baik, Salah Satunya Meredakan Gejala Depresi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 481 2308505 4-alasan-mandi-air-dingin-lebih-baik-salah-satunya-meredakan-gejala-depresi-xNpTarBsFJ.jpg Mandi dengan air dingin (Foto: Caters New Agency)

Banyak orang lebih memilih mandi air hangat dibandingkan air dingin. Hal ini karena mandi air hangat memang terasa rileks dan menenangkan. Mandi air hangat juga dikenal dapat menghilangkan stres.

Namun sebuah studi baru yang dilansir Times of India mengatakan hal sebaliknya. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, ada lebih banyak hal yang dapat diperoleh dari mandi air dingin dibandingkan dengan mandi air hangat. Berikut adalah beberapa manfaat mandi air dingin.

 mandi di pemandian

1. Memberi Anda lebih banyak energi

Jika secangkir kopi pun tidak dapat membangunkan Anda di pagi hari, cobalah mandi air dingin. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology, mandi dengan air dingin merangsang pelepasan norepinefrin dari sistem saraf simpatis.

Norepinefrin adalah neurotransmitter yang meningkatkan energi, mengaktifkan otak Anda, membuat Anda waspada dan meningkatkan kekuatan fokus Anda.

2. Meredakan gejala depresi

Selain meningkatkan energi dan kewaspadaan, neurotransmitter yang dilepaskan saat mandi air dingin juga memiliki efek positif pada suasana hati Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Medical Hypotheses menemukan bukti bahwa mandi dengan air dingin dapat meredakan gejala depresi dan kecemasan. Mandi air dingin mengirimkan sejumlah besar impuls listrik dari ujung saraf tepi ke otak, yang memiliki efek anti-depresif.

3. Pereda sakit

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam North American Journal of Medical Sciences, terapi air dingin terbukti dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan. Ini juga mempersingkat waktu yang dibutuhkan tubuh untuk pulih setelah aktivitas fisik.

 Baca juga: Edward Snowden Ajukan Jadi Warga Negara Rusia

4. Meningkatkan kekebalan

Saat pandemi Covid-19 berlangsung, Anda mungkin membutuhkan kekebalan tubuh yang lebih kuat dari sebelumnya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2016 di jurnal PLoS One, orang yang mandi air dingin memiliki kemungkinan 29 persen lebih kecil untuk jatuh sakit akibat kelelahan saat bekerja dan sekolah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini