Cek Fakta, Jahe Berbahaya untuk Ibu Hamil?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 481 2308715 cek-fakta-jahe-berbahaya-untuk-ibu-hamil-DLo6CfdtDT.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Kesimpangsiuran di masyarakat soal jahe tidak baik untuk ibu hamil masih kerap terdengar. Alasannya adalah sensasi panas yang akan membahayakan janin.

Ya, jahe yang sifatnya menghangatkan itu dinilai berbahaya ketika dikonsumsi ibu hamil. Bahkan, tidak hanya tidak baik untuk dikonsumsi sebagai minuman, ibu hamil juga tidak disarankan makan kue jahe atau permen jahe.

Tapi, apakah pernyataan tersebut benar bahwa jahe berbahaya untuk ibu hamil?

Jahe

Medical Expert dr Carlinda Nekawaty, menjelaskan bahwa pernyataan tersebut menurut hematnya keliru. Jahe baginya tidak masalah dikonsumsi ibu hamil. Malah, jahe baik untuk ibu hamil.

"Jahe sangat baik untuk ibu hamil. Jadi, jika ibu hamil datang dengan keluhan mual dan muntah, saya biasanya akan merekomendasikan air jahe hangat. Itu sangat membantu si ibu hamil meredakan rasa mual, dibandingkan saya kasih obat dokter anti-mual yang pada kenyataannhya tidak bisa sembarang dikonsumsi ibu hamil," paparnya dalam Webinar tentang 'Manfaat Khusus 7 Bahan Alami untuk Kehamilan dan Pasca-Persalinan', kemarin 12 November 2020.

Terkait dengan mengonsumsi jahe dalam bentuk permen atau kue, dr Carlinda pun tak mempermasalahkan hal tersebut. "Ibu hamil kalau merasa mual terus makan permen jahe, ya, enggak apa-apa asal jumlahnya tidak berlebihan juga," tambahnya.

Baca Juga : Pesan Menkes Terawan di Hari Kesehatan Nasional 2020

Jika ibu hamil ingin minum air jahe untuk mengatasi rasa mualnya, dr Carlinda menyarankan agar menggunakan cukup satu sendok bubuk jahe yang dilarutkan dalam 200 atau 300 ml. "Diminumnya dua kali sehari, ya," saran dia.

Herbalist Asri Saraswati Iskandar pun tidak mempermasalahkan ibu hamil yang mau mengonsumsi jahe. "Kalau ibu hamil mual dan muntah-muntah, bisa banget minum wedang jahe. Itu bisa membuat rasa mual dan ingin muntah berkurang," terangnya.

Kalau soal permen jahe, ibu hamil perlu catat bahwa yang namanya permen pasti ada gulanya, jadi usahakan untuk konsumsinya tidak berlebihan. "Sebab, jahenya sih oke, tapi kalau kebanyakan makan permennya, ya, yang namanya berlebihan pasti ada efek sampingnya," ungkap Asri.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini