Beautypedia, Apa Itu Ketombe?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 611 2308384 beautypedia-apa-itu-ketombe-1BpmNY6lrw.jpg Merawat rambut (Foto: Smartplex)

Pernahkah Anda menemui serpihan putih yang rontok di bahu saat Anda mengenakan baju berwarna gelap? Atau pernahkah Anda merasa gatal berlebihan di kulit kepala padahal sudah keramas?

Jika Anda mengalami hal demikian, bisa jadi karena Anda memiliki ketombe. Melansir Repeller pada Kamis (12/11/2020), Dokter Kulit Debra Jaliman dan Asisten Profesor Dermatologi di Fakultas Kedokteran Icahn New York di Mount Sinai mengatakan, ketombe terjadi ketika kulit tidak terkelupas dengan baik dan kulit mati tersangkut di kulit kepala dan mulai mengelupas dan gatal.

"Ketombe bisa jadi karena genetik atau lingkungan. Ketombe juga tidak ada hubungannya dengan kebersihan yang buruk. Ini adalah kondisi kulit yang nyata. Namun, ini bisa diobati jadi tidak perlu khawatir," kata Jaliman.

Ketombe adalah nama umum untuk dermatitis seboroik pada kulit kepala, suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi merah, bersisik, dan gatal akibat terlalu banyak jamur yang ada di area kulit yang berminyak.

Satu-satunya perbedaan adalah ketombe terbatas pada kulit kepala, sedangkan dermatitis seboroik dapat memengaruhi area lain, seperti zona-T, dan seringkali menyebabkan peradangan.

Cara menghilangkan ketombe

Walaupun ketombe adalah hal yang umum terjadi, namun jika dibiarkan dapat menghalangi folikel rambut dan mencegah rambut baru tumbuh, yang menyebabkan penipisan rambut. Karena itu, ada baiknya jika Anda bertindak dari sekarang untuk menghilangkan ketombe.

 menghilangkan ketombe

1. Menggunakan sampo khusus

Meskipun keramas secara teratur dapat membantu mengurangi gejala ketombe, hal itu tidak akan benar-benar menyelesaikan masalah yang mendasarinya atau menghilangkan ketombe sama sekali. Karena itu, Anda membutuhkan sampo khusus untuk menghilangkan ketombe.

Carilah sampo yang mengandung zinc pyrithione, selenium disulfide, sulfur, salicylic acid, ketoconazole, dan tar. Jaliman mengatakan, mereka semua adalah bahan yang dikenal efektif melawan ketombe dan kulit kepala bersisik.

2. Keramas lebih sering

Cobalah keramas setidaknya dua hari sekali. Ketika keramas, biarkan sampo Anda berada di kulit kepala selama 5 menit. Langkah-langkah ini sangat penting terutama saat cuaca dingin karena dapat memperburuk dermatitis seboroik. Jika hal tersebut terjadi, maka akan menyebabkan lebih banyak ketombe.

 Baca juga: Edward Snowden Ajukan Jadi Warga Negara Rusia

3. Perawatan di rumah

Lee, seorang pendukung pengobatan alami, mengatakan bahwa Anda juga memiliki berbagai pilihan pengobatan di rumah. Seperti menggunakan madu mentah misalnya.

"Madu mentah sangat bagus untuk pertumbuhan rambut dan menghilangkan ketombe. Satu penelitian menunjukkan kelegaan dari rasa gatal, bersisik, lesi kulit dan ketombe dalam dua minggu," kata Lee.

Oleskan madu yang diencerkan ke kulit kepala setiap hari selama tiga jam. Setelah dua minggu, perawatan hanya dibutuhkan seminggu sekali.

Selain madu, Anda juga bisa menggunakan cuka apel. Cuka apel dapat menyeimbangkan pH kulit kepala Anda. Netralisasi pH menyulitkan infeksi jamur, bakteri dan jamur lain untuk tumbuh.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini