Hari Jomblo Sedunia, Bagaimana Caranya agar Bahagia dan Tidak Kesepian?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 612 2308338 hari-jomblo-sedunia-bagaimana-caranya-agar-bahagia-dan-tidak-kesepian-klsVm8SMlR.jpg Jomblo hidup bebas (Foto: Lucknow City)

Hari Jomblo Sedunia adalah hari yang diperingati setiap 11 November. Ide peringatan ini bermula dari para mahasiswa jomblo di Nanjing University China pada 1993.

Adapun tujuan dari peringatan ini adalah bahwa jomblo juga bisa menunjukkan kebanggaan statusnya dan menjadi bahagia walau sedang tak memiliki pasangan.

Memang sudah seharusnya, kebahagiaan tidak selalu diukur ketika Anda memiliki pasangan atau tidak. Karena jika demikian, Anda akan merasa kesepian.

Karena itu, melansir Well and Good pada Kamis (12/11/2020), berikut 5 tips agar Anda bahagia dan tidak kesepian walaupun sedang menjomblo.

 jomblo hidup bebas

1. Sibukkan diri Anda dalam aktivitas yang bermakna

Psikolog Klinis Jennifer Taitz mengatakan, kebahagiaan adalah tentang bagaimana Anda menghabiskan waktu dan menggunakan pola pikir. Bagaimanapun juga, Anda bisa merasa kesepian atau tertekan walaupun memiliki pasangan.

“Hidup bahagia adalah kombinasi dari melakukan aktivitas yang bermakna, memiliki dukungan sosial, dan melatih kesadaran,” katanya.

Anda tetap bisa menikmati momen bahagia walaupun tidak memiliki pasangan. Seperti menonton konser jika Anda menyukai musik, atau aktivitas yang lainnya.

“Anda bisa berada di konser paling keren, seperti kursi baris depan untuk Jay-Z dan Beyonce, tetapi jika Anda disibukkan dengan perasaan bahwa orang lain lebih cantik dari Anda atau sesuatu yang lain, Anda tidak akan menikmati momen itu,” sambungnya.

“Orang sering berpikir pertama datang cinta kemudian datang kebahagiaan, tapi sebenarnya yang pertama datang kebahagiaan dan kemudian, semakin besar kemungkinan Anda untuk berpasangan.”

2. Sadarilah bahwa tidak semua pikiran Anda adalah fakta

Menghilangkan pola pikir negatif seperti, "Saya tidak akan menemukan cinta atau orang yang pantas dikencani." Memang menghilangkan pikiran negatif itu susah, namun harus dilakukan.

Taitz mengatakan, bahwa tidak semua yang ada di kepala Anda didasarkan pada kenyataan.

“Ketika Anda mulai memiliki pikiran seperti itu, ingatkan diri Anda bahwa tidak semua pikiran Anda itu benar. Daripada memilih untuk percaya sesuatu yang menyakitkan, lebih baik percaya sesuatu yang menyenangkan."

Itulah yang akan memberi Anda momentum paling besar untuk maju. Alih-alih mengatakan hal negatif, lebih baik Anda menggantinya seperti ini, "Saya dikelilingi oleh para jomblo yang keren dan hari ini bisa jadi hari saya bertemu seseorang yang luar biasa."

3. Jangan menunggu punya pasangan untuk mengejar tujuan hidup Anda

Dr. Taitz pernah memberitahu klien jomblo yang tidak bahagia untuk menanyakan satu pertanyaan kepada diri mereka sendiri, "Bagaimana berada dalam hubungan yang bahagia akan mengubah hidup Anda?"

Jadi, jika tujuan hidup Anda adalah menjadi seorang dokter, menjadi model, atau berkeliling dunia, lakukan hal itu dari sekarang. Jangan sampai Anda menundanya hanya karena fokus mencari pasangan.

 

4. Gunakan masa lalu Anda sebagai pelajaran, bukan pijakan

Jadi, apa yang harus Anda lakukan jika pengalaman menyakitkan Anda menghentikan Anda untuk mencoba bercinta lagi?

Pertama, Dr. Taitz mengatakan Anda perlu melakukan apa saja untuk berhenti memikirkan mantan Anda. Seperti memblokir media sosialnya, menjauhi teman-teman mereka, dan sebagainya.

Selanjutnya, hindari membandingkan mantan Anda dengan orang yang Anda ajak kencan berikutnya.

“Mungkin, ya, mantan Anda lebih menarik daripada orang yang Anda temui sekarang, tetapi orang baru itu lebih baik dan Anda sebenarnya lebih suka berada di dekatmu,” kata Dr. Taitz.

Baca juga: Edward Snowden Ajukan Jadi Warga Negara Rusia

5. Jangan menjadikan pasangan Anda sebagai sumber kebahagiaan

Memiliki pasangan memang menarik, berkencan memang sesuatu yang sangat membahagiakan. Tapi ingat, jangan pernah menjadikan pasangan Anda sebagai sumber kebahagiaan.

Karena jika hal buruk terjadi dan Anda menjadi jomblo, Anda akan merasakan sakit yang luar biasa. Kebahagiaan harus berasal dari diri sendiri.

"Semakin baik Anda pada diri sendiri, semakin bahagia Anda," pungkas Dr. Traitz.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini