Hari Jomblo Sedunia, Ini Berbagai Alasan Orang Betah Jomblo

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 612 2308362 hari-jomblo-sedunia-ini-berbagai-alasan-orang-betah-jomblo-tVkdgefQlg.jpg Betah jadi jomblo (Foto: The Irish Times)

Menjadi seorang jomblo di zaman sekarang bukanlah hal yang memalukan. Sebab kita tak bisa didefinisikan hanya dengan sebuah status, suami atau istri.

Bahkan sebenarnya menjadi jomblo seumur hidup bukanlah pilihan yang salah. Setiap orang berhak untuk hidup single maupun menikah.

Namun memang ada berbagai alasan mengapa seseorang lebih suka menjomblo. Seperti dilansir dari Psychalive.org, berikut ini sejumlah alasan mengapa seseorang lebih senang menjomblo. Apakah kamu termasuk?

 takut disakiti

1. Takut disakiti

Kebanyakan orang terluka dalam hubungan percintaan yang dalam. Memang dengan berpasangan, kita sudah membuat risiko akan disakiti oleh pasangan.

Oleh karena itu beberapa orang memilih jadi jomblo. Ini dilakukan agar mereka tidak terluka. Misalnya jika pasangan mereka meninggakannya.

 

2. Takut pada keintiman

Kebanyakan dari kita mengaku ingin menemukan pasangan yang penuh kasih. Namun kadang kita malah takut terlalu intim dan dekat dengan seseorang yang 'terlalu menyukai kita'. Kita takut dengan keterikatan.

3. Terlalu memilih

Kadang seseorang betah jadi jomblo karena terlalu memilih. Sebab tak seorang pun bisa membuatnya puas. Akibatnya dia memilih jadi jomblo saja.

4. Harga diri rendah (HDR)

Banyak orang menginginkan hubungan yang memuaskan. Namun sayanganya mereka memiliki HDR. Mereka merasa tak ada orang yang tertarik dengan mereka. Tak ada orang yang ingin bercinta dengan mereka. Akibatnya mereka jadi jomblo saja.

Kurangnya kepercayaan diri membuat mereka tidak terbuka. Ini malah menciptakan masalah dalam dunia kencan.

Baca juga: Edward Snowden Ajukan Jadi Warga Negara Rusia

 

5. Takut kompetisi

Harga diri rendah (HDR) sering kali menyebabkan ketakutan seseorang untuk bersaing. Sangat mudah untuk merendahkan diri kita sendiri dalam hubungan dengan orang lain, terutama dalam hal berkencan.

Saat kita bertemu seseorang yang kita sukai, sangat mudah untuk berpikir, "Dia bisa mendapatkan yang lebih baik dari saya." Saat kita melihat bahwa orang lain tertarik pada orang yang kita sukai, kita segera melarikan diri dan menghilang. Akibatnya jadi jomblo deh!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini