Dikejar si Dia, Ini 5 Cara Menolaknya Tanpa Menyakiti Hati

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 612 2308373 dikejar-si-dia-ini-5-cara-menolaknya-tanpa-menyakiti-hati-slwIqmP5hI.jpg Perempuan menolak hubungan cinta (Foto: Times of India)

Dalam dunia kencan, menolak seseorang yang jatuh cinta kepada kita adalah tugas yang sulit dilakukan. Sebab menolak itu membuat tidak nyaman, menyakitkan, dan bikin canggung.

Oleh karena itu, saat menolak si dia, lakukanlah dengan halus dan buat mereka tidak tersinggung.

 

Jadi, ketika harus memberitahu seseorang bahwa Anda tidak tertarik kepadanya, carilah kata-kata yang tepat untuk menyampaikan pesan dengan jelas.

Melansir Times of India, berikut ini 5 cara untuk menolak orang yang mencintai Anda secara halus tanpa terlalu menyakiti mereka.

 menolak

1. Memberi pujian

Saat Anda menolak orang lain, Anda juga harus memvalidasi bahwa mereka kuat dan terhormat.

Ada baiknya Anda mengatakan hal seperti, "Saya tahu ini akan sangat sulit bagi Anda, tetapi sayangnya saya tidak tertarik untuk berhubungan dengan Anda. Namun perlu diketahui, Anda adalah orang yang baik dan berharga."

Beritahu juga bahwa Anda sangat menghargainya. Dengan demikian, dirinya akan merasa lebih lega dan juga menghargai keputusan Anda.

2. Jangan minta maaf

Jika Anda baru saja berkencan beberapa kali dengannya, namun tak tertarik untuk meneruskan hubungan menjadi pasangan kekasih, Anda tidak perlu minta maaf. Namun jelaskan, jika Anda tidak ingin melanjutkan hubungan.

Katakan seperti, "Saya menghargai keterbukaan dan minat Anda kepada saya, tetapi saya tidak dapat membalasnya. Saya tahu ini sulit untuk didengar, tetapi saya tidak tertarik untuk melangkah lebih lanjut."

Pernyataan ini memang akan membuat mereka menjauh dari Anda. Namun ingat, Anda juga dilarang menahan mereka pergi dari hidup Anda. Sebab Anda sejatinya bukan siapa-siapa dia, jadi biarkan dia menemukan jodoh yang lebih baik dari Anda.

3. Fokus pada kebutuhan Anda

Ketika Anda tidak tertarik kepadanya saat berkencan, Anda dapat benar-benar fokus pada apa yang Anda butuhkan.

Cobalah untuk mengatakan, "Anda menarik tapi mungkin Andan tidak cocok untuk saya dan saya memahami hal ini."

4. Bersikap apresiatif

Jika Anda merasa ia bukanlah orang yang cocok untuk Anda sejak kencan pertama, tidak ada gunannya menunda untuk segera mengakhiri hubungan.

Katakan bahwa Anda tidak ingin melanjutkan hubungan. Sampaikan ucapan, "Terima kasih telah meluangkan waktu Anda, tetapi saya merasa tidak cocok dengan Anda. Saya harap Anda beruntung untuk menemukan seseorang yang lebih baik dari saya."

Baca juga: Edward Snowden Ajukan Jadi Warga Negara Rusia

5. Tetap santai

Jika rekan kerja mengajak Anda berkencan, Anda harus menjelaskan bahwa Anda tidak tertarik.

Cobalah untuk mengatakan, "Saya menghargai kepercayaan Anda untuk bertanya soal kencan kepada saya, tetapi saya tertarik untuk berkencan. Namun terima kasih sudah bertanya."

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini