Diterpa Isu Video Syur Jessica Iskandar Jalani Melukat, Apa Itu?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 612 2308440 diterpa-isu-video-syur-jessica-iskandar-jalani-melukat-apa-itu-FV3ChXeGV5.jpg Jessica Iskandar jalani melukat (Foto : Instagram/@inijedar)

Selain Gisel, Jessica Iskandar juga diterpa isu video syur baru-baru ini. Netizen menganggap perempuan yang berada dalam video syur tersebut mirip dengan Jessica Iskandar.

Pelaku penyebar video tersebut telah dipolisikan belum lama ini. Sementara itu, entah kebetulan atau tidak, setelah isu tersebut Jessica Iskandar menjalani proses melukat.

Lalu, apa sebenarnya melukat? Merangkum dari berbagai sumber, melukat berasal dari kata nyane lukat (Bahasa Kawi - Bali) yang memiliki arti melepaskan. Melakukan sesuatu pekerjaan untuk melepaskan sesuatu. Selain itu, melukat sejatinya merupakan upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual dalam diri manusia.

Jessica Iskandar

Baca Juga : Penyebar Video Syur Mirip Jessica Iskandar sudah Dipolisikan

Melukat berasal dari kata sulukat yakni su yang berarti baik dan lukat yang artinya pensucian. Upacara ini dilakukan secara turun-temurun oleh umat Hindu hingga saat ini.

Upacara ini juga diwarnai oleh sesajian seperti prascita dan bayuan yang disiapkan dengan diberikan mantra-mantra. Orang yang akan diupacarai akan dimantrai terlebih dahulu oleh pemangku.

Jessica Iskandar

Setelah proses pemantraan selesai, orang yang akan diupacarai disiram dengan airkelapa gading. Kemudian ritual dilanjutkan dengan pemandian di danau, sungai, laut atau tempat pemandian yang diyakini membawa berkah.

Upacara ini biasanya dilakukan pada saat bulan purnama, tilem, Kajeng Kliwon. Upacara Melukat sering dilakukan beramai-ramai, misalnya oleh sekolah, jawatan, pemerintahan, atau masyarakat setempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini