Jomblo Kesepian Selama Pandemi, Psikolog: Jangan Ragu Main Dating Apps

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 612 2308455 jomblo-kesepian-selama-pandemi-psikolog-jangan-ragu-main-dating-apps-OCA908oh81.jpg Main dating apps (Foto: Insider)

Pandemi memberi penderitaan tersendiri untuk para jomblo. Ya, perasaan kesepian karena tidak punya teman ngobrol menjadi situasi yang dihadapi kebanyakan jomblo. Efek buruknya, hal tersebut bisa menjadi gerbang dari stres bahkan gangguan depresi.

"Karena adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) karena pandemi, membuat para jomblo membatasi perjumpaan dengan teman atau orang yang sedang dekat dengannya. Ini membuat para jomblo menghabiskan waktu dengan dirinya sendiri dan semakin kesepian," kata Psikolog Klinis Dewasa Rebeka Pinaima, dalam acara penyampaian 'Singles Dating Survey 2020' yang diadakan Lunch Actually, belum lama ini.

 cara pacar dari dating apps

Rebeka melanjutkan, dalam situasi Anda sendirian, hal seperti sadar akan kehidupan membuat sebagian dari jomblo stres.

Oleh karena itu, penting sekali yang namanya terkoneksi atau menjalin hubungan dengan orang lain, meski tidak secara langsung karena adanya aturan menjaga jarak aman.

Berdasarkan pengalaman selama praktik di masa pandemi, kata Rebeka, banyak kliennya yang membutuhkan komunikasi yang berkualitas atau deep talk. Ini kemudian diterapkan beberapa orang dalam proses pencarian teman kencan.

"Jadi, kebanyakan orang itu sekarang sudah enggak nyari small talk, tapi lebih ke deep talk karena memberi rasa nyaman dan ini bisa terjadi saat Anda menggunakan aplikasi kencan online. Jadi, meski Anda tidak bertemu langsung, tapi ketika punya teman ngobrol yang menyenangkan, itu akan bermakna dan meminimalisir risiko buruk dari kesepian," terangnya.

Dengan menggunakan aplikasi kencan online, sambung Rebeka, seseorang bisa meningkatkan kemampuan mengenali dirinya. Tidak hanya itu, ia pun bisa memahami dirinya dengan berkomunikasi pada virtual date-nya.

Baca juga: Edward Snowden Ajukan Jadi Warga Negara Rusia

 

"Jadi, menggunakan aplikasi kencan online itu bukan sekadar mencari teman kencan, melainkan mencari sosok yang memang memberi manfaat pada diri Anda dengan obrolan deep talk yang berfaedah. Tidak hanya itu, ngasih manfaat ke diri Anda sendiri untuk lebih mengenali dan memahami siapa diri Anda sebenarnya. Jadi, jangan ragu untuk main dating apps," tambah Rebeka.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini