Tak Hanya Wanita, Ini Tips Perawatan Kulit untuk Pria

Novia, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 481 2308849 tak-hanya-wanita-ini-tips-perawatan-kulit-untuk-pria-rmKULbhyna.jpg (Foto: Shutterstock)

Tidak hanya wanita yang memerlukan perawatan kulit agar kulit tetap sehat, pria juga membutuhkan perawatan kulit. Memiliki kulit yang bersih dan sehat merupakan kebutuhan dasar tanpa memandang jenis kelamin.

Kulit yang baik secara estetika menarik dan bisa memberikan rasa percaya diri. Bagi lelaki yang belum mengetahui bagaimana cara mendapatkan kulit sempurna, berikut ini 6 cara alami yang dapat membantu Anda.

1. Gunakan pembersih yang bagus

Membersihkan kulit Anda adalah salah satu langkah terpenting untuk mendapatkan kulit yang bersih. Membersihkan kulit Anda setiap hari tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Cara sederhana untuk mengikuti langkah mudah namun efektif ini adalah dengan memilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Idealnya, pilihlah pembersih wajah yang bebas sabun dan berbahan alami. Lanjutkan dengan percikan cepat air mawar atau gel lidah buaya untuk tampilan yang lebih segar.

2. Pengelupasan kulit

Langkah penting lainnya adalah pengelupasan kulit. Mengelupas kulit Anda dua kali seminggu akan membantu mengangkat sel kulit mati dan juga menstimulasi sirkulasi darah yang memberikan kilau sehat pada kulit Anda.

 Tidak hanya wanita yang memerlukan perawatan kulit agar kulit tetap sehat.

3. Mencoba membuat scrub sendiri

Jika Anda tidak punya scrub yang berguna. Anda dapat membuat scrub sendiri dengan step- step berikut:

- Campur minyak kelapa dengan gula dan oleskan ke kulit Anda dengan gerakan memutar.

- Campurkan 1 sendok teh madu dengan 1 sendok teh kopi dan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan ini selama beberapa menit dan bersihkan dengan air hangat.

Baca juga: Kesal dengan Komedo di Hidung? Ini 5 Cara Rumahan untuk Menghilangkannya

4. Setelah perawatan bercukur

Mencukur adalah bagian penting dari rutinitas sehari-hari setiap pria, tetapi kebanyakan pria mengabaikan step-step setelah bercukur. Menerapkan cairan ini ke wajah yang baru dicukur akan membantu menutup pori-pori Anda.

Aftershave antiseptik mengurangi iritasi kulit dan mencegah infeksi dari luka. Anda juga bisa mengoleskan sedikit minyak almond atau minyak zaitun setelah bercukur, untuk membantu mengunci kelembapannya. Pastikan Anda mencucinya setelah beberapa saat karena dapat menyumbat pori-pori Anda.

5. Tidak melewatkan sunscreen

Siapapun yang tahu perawatan kulit akan selalu menekankan pentingnya menggunakan sunscreen. Kebanyakan pria tidak menyadari hal ini dan melewatkan langkah ini.

Kerusakan akibat sinar matahari selama bertahun-tahun dapat memicu proses penuaan bahkan menimbulkan flek hitam dan warna kulit yang tidak merata.

Menggunakan sunscreen dengan SPF 40 atau lebih sebelum keluar akan melindungi kulit Anda dari sinar UVA dan UVB.

6. Gunakan pelembab

Menggunakan pelembab secara rutin akan menjaga kulit tetap sehat dan halus. Pilih pelembab berkualitas baik yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Ada banyak pelembab dan krim yang tersedia di pasaran khusus untuk pria. Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, pilih krim berbasis gel atau krim ringan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini