Rentan Iritasi, Ini Cara Mengatasi Kelopak Mata yang Kering

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 481 2308863 rentan-iritasi-ini-cara-mengatasi-kelopak-mata-yang-kering-jC1rYhrmLY.jpg (Foto: MensXP)

Sebagai wanita, memiliki kulit kering mungkin akan menjadi masalah besar. Ini bukanlah masalah baru. Apalagi jika seseorang memiliki jenis kulit sensitif, maka akan lebih terasa sangat mengganggu.

Pernahkah Anda mendengar tentang kelopak mata yang kering? Untuk yang belum tahu, kulit kelopak mata 80% lebih tipis dari bagian tubuh lainnya. Jadi, bagian tersebut yang lebih rentan dan mudah iritasi.

Jika Anda mengira Anda berurusan dengan kelopak mata kering, maka inilah cara untuk mengatasinya.

Apa penyebab kelopak mata kering?

Ada beberapa penyebab kelopak mata kering, stres dan gangguan kesehatan juga dapat menjadi penyebabnya. Tetapi perubahan musim seperti cuaca dingin dan kering juga menjadi salah satu penyebabnya.

Penyebab lainnya bisa juga dari alergi dan iritasi yang memicu eksim atau kulit yang meradang. Penyebab umumnya bisa jadi riasan, tetesan parfum, cat kuku, atau bahkan serbuk sari.

Kulit kelopak mata 80% lebih tipis dari bagian tubuh lainnya.

Baca juga: Tak Hanya Wanita, Ini Tips Perawatan Kulit untuk Pria

Apa obat untuk kelopak mata kering?

Hentikan penggunaan produk yang menurut Anda dapat memicu kering pada kelopak mata. Untuk sementara, Anda perlu menghindari krim mata dan riasan mata agar kondisinya tidak semakin parah. Ganti produk yang bersifat gentle dengan produk yang bersifat lebih lembut, menghidrasi, serta menenangkan. Cari produk yang dirancang khusus untuk jenis kulit sensitif dan diberi label lembut, bebas pewangi, dan hipoalergenik.

Kunci untuk menyembuhkan kelopak mata yang kering adalah dengan meminimalisir berbagai produk kosmetik, sehingga terbebas dari iritasi. Jika kondisi ini masih berlanjut, Anda dapat menghubungi dokter kulit dan meminta bantuan.

Anda juga harus lebih pintar dan cermat dalam memilih produk kosmetik, karena jika salah memilih, maka Anda hanya akan menambah masalah pada kulit Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini