6 Herbal Ini Baik Dikonsumsi Ibu Hamil dan Pasca-Melahirkan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 481 2308891 6-herbal-ini-baik-dikonsumsi-ibu-hamil-dan-pasca-melahirkan-CXZ4V9IMcC.jpg Herbal untuk ibu pasca melahirkan (Foto : medicaldaily)

Saat seorang perempuan hamil, asupan pangan, aktivitas fisik, dan banyak faktor lainnya akan berdampak langsung pada kondisi janin. Karena itu, ibu hamil harus memberi perhatian penuh pada kesehatan dirinya maupun bayi yang dikandung.

Memilih asupan pangan menjadi salah satu yang terpenting. Ketika ibu hamil salah mengonsumsi makanan atau minuman, maka efeknya bisa langsung dirasakan si bayi. Sebisa mungkin asupan saat hamil berasal dari bahan alami atau pangan yang sudah direkomendasikan dokter kandungan.

Nah, bicara soal bahan alami yang dikonsumsi selama hamil, banyak dari Anda mungkin ragu-ragu untuk mengonsumsinya. Padahal, bahan alami dinilai baik untuk Anda maupun janin yang dikandung.

Madu

Meski begitu, diterangkan dr Carlinda Nekawaty, Medical Expert, menyadari kondisi tubuh setelah mengonsumsi bahan alami seperti madu maupun herbal itu sangatlah penting untuk melihat reaksi baik yang kecil maupun besar.

"Terutama jika sedang dalam kondisi khusus seperti hamil atau menyusui. Apa yang Anda konsumsi, bisa saja menimbulkan risiko terhadap kandungan dan juga si bayi," katanya dalam Webinar, kemarin 12 November 2020.

Baca Juga: Kegerahan Nagita Slavina Pakai Kipas Tangan Rp1,9 Juta, Netizen: Anginnya Sedingin AC atau Es?

Di sisi lain, Herbalist Asri Saraswati Iskandar menerangkan bahwa mengetahui manfaat dari bahan-bahan alami atau herbal yang akan dikonsumsi akan menjadikannya berfungsi lebih tepat guna.

"Tidak hanya mampu membantu mengurangi ketidaknyamanan, bahan-bahan herbal juga dapat memberikan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama kehamilan dan pasca persalinan," ungkap Asri.

Nah, secara spesial Asri coba menuturkan 6 bahan herbal yang sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil maupun pasca melahirkan. Apa saja?

1. Madu

Madu

Bahan alami ini memiliki kandungan mineral berupa kalsium, tembaga, mangan, zat besi, fosfor, seng, aluminium. Kandungan zat besi pada madu membantu meningkatkan kadar hemoglobin untuk ibu selama kehamilan dan pasca bedah caesar.

 2. Cengkih

Herbal yang satu ini kaya akan kandungan beta-karoten, zat besi, magnesium, seng, vitamin B6, C, dan K. Tak hanya itu, perpaduan cengkih, lengkuas, serai dan jahe, dapat meredakan sakit dan nyeri pada persendian dengan cara dioleskan.

3. Jahe

Jahe mengandung gingerol yang memberikan efek analgesik yang kuat dan sangat membantu untuk radang sendi, menenangkan saraf, serta mengurangi mual. Jahe juga tinggi kalium, tembaga, magnesium, mangan, vitamin B5 dan B6.

4. Kunyit dan temulawak

Kunyit

Dua herbal ini mengandung kurkumin yang dapat melindungi dari anemia dan hipertensi. Serat tingginya juga mengontrol kadar 'kolesterol jahat'. Kunyit dapat membantu meredakan peradangan yang menyebabkan edema, sekaligus risiko mastitis, juga berfungsi untuk mengobati cedera dalam, jahitan luar dan luka infeksi pasca persalinan. Sementara temulawak - meningkatkan produksi ASI pada masa menyusui.

5. Temu Hitam

Bahan herbal ini mengandung bpinene-nya dapat merelaksasi rahim setelah melahirkan.

6. Ketumbar

Nah, kalau bahan herbal ini memiliki kandungan protein, kalsium dan zat besi yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi ASI selama periode menyusui.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini