Jangan Disepelekan, Ini Dampak Hipertensi pada Tubuh Anda

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 481 2308922 jangan-disepelekan-ini-dampak-hipertensi-pada-tubuh-anda-s1jNTOAZED.jpg Sakit hipertensi (Foto: Everyday Health)

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang orang Indonesia. Oleh karena itu sangat penting merawat kesehatan orang dengan hipertensi.

Hipertensi jika dibiarkan sangat berbahaya. Bisa membuat seseorang terkena penyakit jantung hingga stroke. Melansir Healthline, berikut 4 dampak hipertensi pada tubuh Anda.

 penderita hipertensi berisiko kena stroke

1. Mengganggu sistem sirkulasi darah

Dampak yang disebabkan oleh hipertensi dapat bertambah seiring waktu. Semakin lama tidak terdiagnosis atau tidak terkontrol, semakin serius risikonya. Pembuluh darah dan arteri utama membawa darah ke seluruh tubuh dan memasoknya ke organ dan jaringan vital. Semakin banyak kolesterol menumpuk di dinding pembuluh darah, membuat pembuluh darah menyempit sehingga sirkulasi darah terganggu.

2. Menyebabkan masalah memori

Hipertensi mungkin berperan dalam demensia dan penurunan kognitif seiring waktu. Aliran darah yang berkurang ke otak menyebabkan masalah memori dan berpikir. Anda mungkin kesulitan mengingat atau memahami berbagai hal, atau kehilangan fokus selama percakapan.

3. Menyebabkan osteoporosis

Hipertensi dapat menyebabkan tulang keropos atau osteoporosis. Hal ini terjadi dengan meningkatkan jumlah kalsium yang dikeluarkan tubuh Anda saat buang air kecil. Wanita yang telah mengalami menopause sangat berisiko. Osteoporosis melemahkan tulang Anda dan mempermudah terjadinya patah tulang.

Baca juga: Heboh! Nagita Slavina Pakai Tanktop Terbalik Seharga Rp2 Juta, Netizen: OTW Jadi Tren

4. Mengganggu sistem pernapasan

Seperti halnya otak dan jantung, arteri di paru-paru bisa rusak dan tersumbat. Ketika arteri yang membawa darah ke paru-paru Anda tersumbat, itu disebut emboli paru. Ini sangat serius dan membutuhkan perhatian medis segera. Aneurisma juga bisa terjadi di paru-paru.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini