Berhenti Merokok Yuk, Ini 6 Manfaatnya yang Perlu Anda Ketahui

Adella Christyanti, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 481 2308951 berhenti-merokok-yuk-ini-6-manfaatnya-yang-perlu-anda-ketahui-bI4Qz8zLsU.jpg Merokok bikin kencanduan (Foto: My Clinic)

Merokok memang bikin kecanduan dan susah untuk berhenti. Selain berdampak buruk pada kesehatan, merokok juga membuat kita jadi boros karena harus mengeluarkan uang tiap hari beli rokok.

Merokok juga dapat menimbulkan beberapa efek negatif pada kesehatan Anda, seperti peningkatan risiko penyakit serius seperti kanker dan penyakit jantung. Itu juga dapat menyebabkan kematian lebih awal.

Meskipun risiko ini adalah pendorong yang baik untuk berhenti, beberapa orang sulit berhenti merokok karena ada efek sakaw alias ketagihan.

Meskipun berhenti merokok bisa menjadi tantangan, manfaatnya bagi kesehatan fisik dan mental Anda sangat berharga. Seperti dilansir Healthline, berikut ini manfaat berhenti merokok, apa saja?

 berhenti merokok

1. Tingkat kecanduan berkurang

Dalam satu bulan setelah berhenti, banyak reseptor nikotin di otak Anda akan kembali normal, memutus siklus kecanduan. Ini membuat aktivitas fisik jauh lebih mudah dilakukan dan menurunkan risiko serangan jantung.

2. Peningkatan indra perasa dan penciuman

Merokok merusak ujung saraf di hidung dan mulut Anda, menumpulkan indra perasa dan penciuman Anda. Hanya dalam 48 jam setelah berhenti, ujung saraf mulai tumbuh, dan indra perasa serta penciuman Anda mulai membaik.

 

3. Memberi lebih banyak energi

Seiring dengan peningkatan pernapasan dan aktivitas fisik, peningkatan oksigen dalam tubuh Anda juga akan memberi Anda lebih banyak energi. Hal ini dapat membuat semua aktivitas fisik, termasuk berjalan dan berlari, jauh lebih mudah.

4. Meningkatkan kadar oksigen di tubuh

Berhenti merokok meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kadar oksigen di tubuh. Selain itu juga menurunkan peradangan yang semuanya meningkatkan sistem kekebalan Anda, sehingga lebih mudah melawan flu dan penyakit lainnya. Peningkatan oksigen dalam tubuh juga dapat mengurangi kelelahan dan kemungkinan sakit kepala.

5. Membersihkan gigi dan mulut

Merokok membuat gigi menjadi kuning, menyebabkan bau mulut, dan meningkatkan risiko infeksi mulut. Dalam seminggu setelah berhenti, Anda akan mulai melihat dan merasakan perbedaan di mulut Anda.

 Baca juga: Heboh! Nagita Slavina Pakai Tanktop Terbalik Seharga Rp2 Juta, Netizen: OTW Jadi Tren

6. Menurunkan risiko kanker

Mungkin perlu beberapa tahun setelah berhenti, tetapi Anda akan menurunkan risiko kanker, seperti kanker paru-paru, kanker esofagus, kanker ginjal, kanker kandung kemih, kanker pancreas. Karena adanya unsur karsinogenik dalam rokok, maka semakin sering merokok semakin besar kemungkinan untuk memicu berbagai jenis kanker, tenggorokan, mulut dan kerongkongan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini