4 Manfaat Berolahraga dengan Pakaian Olahraga, Apa Saja?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 481 2308990 4-manfaat-berolahraga-dengan-pakaian-olahraga-apa-saja-YVjnMPDX3F.jpg Pakai pakaian olehraga (Foto: The Conversation)

Aktivitas fisik seperti olahraga menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat selama pandemi. Tentu, harapan ingin mendapatkan tubuh yang bugar dan imunitas yang kuat jadi alasan utamanya.

Aktivitas fisik pun tidak hanya dilakukan di luar rumah saja, banyak masyarakat yang kini mengandalkan aplikasi olahraga virtual agar tetap berkeringat selama di rumah saja.

Tapi, menjadi perhatian sekarang adalah apakah Anda menggunakan pakaian yang benar atau tidak saat berolahraga? Sebab, beberapa penelitian menemukan bahwa dengan pakaian yang tepat, hasilnya pun akan maksimal.

Itu kenapa penting sekali jika Anda sedang olahraga menggunakan pakaian yang memang dikhususkan untuk berolahraga.

Menurut laman Real Men Real Style, ada beberapa manfaat yang bakal Anda dapatkan jika berolahraga dengan menggunakan pakaian olahraga.

 perempuan olahraga

1. Meningkatkan kepercayaan diri

Studi di bidang kognisi menunjukkan bahwa terdapat dampak positif jika Anda mengenakan pakaian yang tepat saat berolahraga. Dorongan positif itu salah satunya soal kepercayaan diri. Perasaan 'PD' tersebut yang kemudian membuat beberapa orang semakin semangat saat berolahraga.

2. Meningkatkan performa gerakan

Pada kasus pakaian renang misalnya, model pakaian yang menutup seluruh tubuh rupanya dikeluhkan atlet sampai akhirnya 2010 keluar larangan menggunakan pakaian jenis tersebut. Jadi, pakaian dapat meningkatkan performa Anda saat berolahraga.

Karena itu, tidak diperkenankan untuk Anda menggunakan sepatu lari saat bermain bola. Sebab, fungsi dari kedua sepatu tersebut berbeda dan ini akan membuat Anda tidak nyaman. Dengan begitu, risiko cedera pun akan minim jika Anda menggunakan pakaian olahraga sesuai dengan kegunaannya.

3. Mudah bergerak

Penggunaan pakaian olahraga yang tepat juga akan memudahkan Anda bergerak. Kembali, ini akan meningkatkan performa Anda saat berolahraga dan tentu mencapai hasil yang maksimal dari gerakan olahraganya.

Hal senada juga diungkapkan Desainer pakaian olahraga CoreNation Active, Arianto Gunawan. Ia mempertimbangkan hal-hal itu juga dalam setiap penciptaan koleksinya. Salah satu poin penting yang menjadi 'concern' utamanya adalah ketepatan potongan koleksi.

"Pakaian olahraga yang terlalu ketat menurut saya tidak baik. Karena itu, saya selalu menciptakan koleksi yang tidak terlalu ketat dengan harapan penyerapan keringat si pemakainya bisa berjalan maksimal," katanya.

Baca juga: Heboh! Nagita Slavina Pakai Tanktop Terbalik Seharga Rp2 Juta, Netizen: OTW Jadi Tren

4. Bikin nyaman

Pakaian olahraga yang banyak digemari masyarakat sekarang adalah yang tidak terlalu tipis tapi tidak juga terlalu tebal karena akan membuat sirkulasi udara tubuh tidak berjalan lancar.

"Jadi, sebisa mungkin memang bikin pakaian olahraga yang nyaman saat dikenakan. Pakaian olahraga yang berkualitas tinggi akan mempunyai andil yang besar dalam meningkatkan performa saat berolahraga," kata Arianto.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini