Ketahui Bahaya Jika Anda Sering Menahan Buang Air Kecil

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 481 2309097 ketahui-bahaya-jika-anda-sering-menahan-buang-air-kecil-wYn55I0YEH.jpg (Foto: Boldsky)

Mungkin Anda pernah menahan buang air kecil karena sedang berada dalam antrean atau berada di gerbong kereta api. Kebiasaan ini ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Sebaiknya jika ingin buang air kecil segera dilaksanakan dan tidak ditahan-tahan. Pasalnya, jika Anda menahan buang air kecil untuk waktu yang lama maka bisa menyebabkan masalah serius.

Sering menahan buang air kecil juga bisa meregangkan kandung kemih dan juga dapat meregangkan otot-otot sphincter eksternal, dan pada gilirannya Anda harus membuang air kecil lebih sering daripada seseorang yang tidak menahan urinenya.

Orang yang mengembangkan retensi urine, suatu kondisi di mana kandung kemih menahan terlalu banyak urine dalam waktu yang lama, cenderung menyediakan lahan berkembangbiak yang cukup untuk bakteri.

 Mungkin Anda pernah menahan buang air kecil karena sedang berada dalam antrean atau berada di gerbong kereta api.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini Dampak Hipertensi pada Tubuh Anda

Dalam kasus yang serius, hal ini dapat menyebabkan gagal ginjal dan yang paling buruk adalah kematian, meski sangat jarang terjadi. Tapi, menurut penelitian dorongan alami untuk buang air sering jauh lebih kuat daripada kemampuan untuk menahannya. Demikian seperti dilansir dari vr.

Anda tentu mengkhawatirkan apakah menahan buang air kecil berisiko mengalami masalah kandung kemih atau terkait ginjal? Pada tingkat "normal" Anda bisa enam kali atau lebih. Sementara pada posisi tertentu Anda bisa buang air kecil hingga delapan botol sehari, tetapi itu akan naik jika Anda minum berlebihan atau minum obat yang memiliki kandungan diuretik.

Intinya adalah menahan buang air kecil bisa sangat berbahaya, dan yang harus Anda lakukan untuk menghindari kerusakan jangka panjang adalah menjawab panggilan alam sedini mungkin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini