Menakjubkan, Begini Penampakan Pohon Berusia 1.400 Tahun Warisan Kaisar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 612 2309152 menakjubkan-begini-penampakan-pohon-berusia-1-400-tahun-warisan-kaisar-B6pFegFpbc.jpg Pohon yang sangat tua (Foto: Oddity)

Setiap tahun pada akhir Oktober puluhan ribu orang berduyun-duyun menuju kuil Buddha di China untuk melihat pohon gingko biloba yang megah menjatuhkan dedaunan. Pohon berukuran besar itu mengubah kompleks candi dari semua berwarna hijau berubah menjadi emas akibat daun kering yang berjatuhan.

Kuil Buddha Gu Guanyin di Pegunungan Zhongnan, Provinsi Shaanxi, Tiongkok adalah rumah bagi pohon gingko biloba berusia 1.400 tahun.

 pohon

Menurut beberapa orang, pohon ini ditanam untuk Kaisar Dinasti Tang (618–907), Li Shimin, yang merupakan salah satu penguasa terbesar di Tiongkok sejarah.

Pohon itu menjulang dengan megah di atas kuil, dan selama beberapa hari setiap musim gugur, dedaunan emas turun seperti hujan yang menonjol di antara warna-warna lembut musim itu. Karena penampilannya yang mencolok, ia dijuluki pohon gingko biloba terindah di dunia, dan telah menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Sebagaimana dilansir Oddity Central, Rabu (11/11/2020), mengunjungi pohon gingko biloba kuno di kuil Gu Guanyin selalu menjadi bagian penting dari perayaan musim gugur tradisional bagi penduduk setempat.

Namun, sejak foto pohon yang sangat indah itu menjadi viral di media sosial Tiongkok beberapa tahun yang lalu, mereka harus bersaing dengan turis dari seluruh negeri, serta orang asing, untuk mendapatkan kesempatan melihatnya secara langsung.

Pada 2017 lalu, media Tiongkok memperkirakan 60.000 orang datang mengunjungi pohon emas kuil Buddha Gu Guanyin selama 20 hari. Mereka mulai berkunjung dari akhir Oktober, hingga awal Desember. Selama periode ini, kuil menerima sekira 3.000 pengunjung setiap hari, dan permintaan sangat tinggi.

Alhasil untuk menjamin masuknya, orang disarankan untuk melakukan reservasi online. Orang tua mungkin diperbolehkan masuk, tetapi semua pengunjung lain harus membuat reservasi agar diizinkan masuk. Meski begitu, turis masih harus antre selama tiga hingga empat jam untuk masuk.

 Baca juga: Heboh! Nagita Slavina Pakai Tanktop Terbalik Seharga Rp2 Juta, Netizen: OTW Jadi Tren

Karena meningkatnya popularitas pohon gingko biloba purba, kuil Gu Guanyin dilaporkan telah meningkatkan kapasitas pengunjung harian menjadi sekitar 7.200, antara pukul 8 pagi hingga 5 sore. Hal itu dilakukan sejak pohon itu menjadi viral secara online pada 2016.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini