Sepedaan di Kala Pandemi, Ini 3 Keuntungannya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 14 November 2020 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 14 481 2309566 sepedaan-di-kala-pandemi-ini-3-keuntungannya-ZV4UTQWkWC.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

BERSEPEDA jadi kegiatan asyik untuk mengisi waktu luang. Tahukah Anda bahwa bersepeda juga bisa meningkatkan suasana hati loh.

Dijelaskan Psikolog Yasinta Indrianti, MPsi, bersepeda menjadi salah satu aktivitas fisik sederhana yang sangat menyenangkan. Banyak orang berbondong-bondong untuk bersepeda keliling kota.

Baca Juga: Vaksin Ditemukan, Apakah Wajib Pakai Masker Masih Diperlukan?

Yasinta pun akan menjelaskan sederet manfaat bersepeda di tengah pandemi Covid-19 yang bisa Anda simak. Berikut ulasan selengkapnya.

Mengurangi berat badan

sepeda

"Dalam sebuah penelitian pada beberapa remaja di Korea, bersepeda secara rutin mampu memberikan perubahan pada komposisi tubuh dan kebugaran fisik bahkan bisa mengurangi berat badan secara signifikan," tuturnya lewat keterangan resmi Yupi yang diterima Okezone.

 

Meningkatkan kadar oksitosin

Alan Heary salah seorang coach di Amerika berkata bahwa bersepeda membuat seseorang menyatu dengan dunia. Bersepeda akan meningkatkan kadar oksitosin sebuah hormon yang meningkatkan perasaan empati, cinta bahkan konsentrasi.

"Kondisi ini merupakan kondisi prima dan kunci utama dalam menghasilkan performance yang sempurna," imbuhnya.

Buat Anda merasa happy

Bersepeda keliling kota bisa jadi kegiatan refreshing paling menyenangkan. Maka saat bersepeda, hormon oksitosin bisa meningkat dibarengi dengan keseruan lainnya. Tak dapat dipungkiri, kegiatan ini bisa meningkatkan kinerja otak Anda loh.

Namun Yasinta juga menyebutkan bahwa bersepeda akan menguras energi. Maka kebutuhan glukosa adalah sumber energi utama. Kalian membutuhkan setidaknya 130 gram glukosa bahkan lebih saat bersepeda.

Anda bisa mengonsumsi permen kenyal, cokelat atau buah-buahan untuk mengisi energi yang hilang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini