Cheat Meal saat Diet, Perhatikan Tips Ini agar Tidak Kebablasan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 15 November 2020 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 14 481 2309689 cheat-meal-saat-diet-perhatikan-tips-ini-agar-tidak-kebablasan-ykgRt9BJcw.jpg Ilustrasi diet sehat (Foto: Freepik)

Apakah Anda sedang berusaha untuk mencapai tubuh yang indah dan sehat dengan cara menurunkan berat badan? Maka diet sehat merupakan salah satu pilihan Anda.

Meskipun Anda mungkin bersumpah melakukan diet ketat, terkadang Anda ingin cheat meal alias sesekali makan enak dan rehat dari diet.

Selama melakukan cheat meal, Anda mungkin bebas untuk makan atau minum apa pun. Namun Anda juga harus belajar untuk mematuhi tips berikut seperti dilansir Times of India berikut ini.

Diet sehat 

Baca juga: Kegerahan Nagita Slavina Pakai Kipas Tangan Rp1,9 Juta, Netizen: Anginnya Sedingin AC atau Es?

1. Jangan makan berlebihan

Setelah berhari-hari berolahraga secara berlebihan dan diet makan sehat, terkadang Anda ingin menikmati hidup dengan cheat meal. Mungkin hanya ingin menikmati semua makanan yang tampak lezat dan nikmat, penting bagi Anda untuk mempraktikkan pola makan yang cermat juga.

Alih-alih menelan semuanya, Anda harus menikmati setiap potongan makanan yang masuk ke dalam mulut Anda. Ini tidak hanya akan meredakan keinginan Anda untuk makan berlebihan, tetapi juga akan mengisi kembali jiwa Anda.

2. Hanya konsumsi makanan yang Anda idamkan

Sementara Anda bekerja keras untuk mendapatkan tubuh sempurna, selama melakukan cheat meal, cobalah konsumsi makanan yang diidamkan.

Ini tidak hanya akan membantu Anda merasa puas selama sisa minggu ini, tetapi juga akan membuat bekerja lebih keras untuk mencapai tujuan penurunan berat badan.

3. Jangan membuat diri Anda kelaparan

Beberapa orang cenderung salah paham tentang tujuan cheat meal. Meskipun itu pasti memberi Anda kebebasan untuk makan sepuasnya, tidak berarti membuat diri Anda kelaparan selama berjam-jam, untuk memberi ruang bagi cheat meal.

Alih-alih menuruti keinginan, itu akan membuat Anda makan berlebihan dan dapat menyebabkan masalah pencernaan juga.

4. Jangan makan dengan rasa bersalah

Melakukan cheat meal yang diliputi rasa bersalah tidak bermanfaat. Entah Anda makan semua yang Anda suka selama ini atau tidak. Tetapi jika Anda menyantap makanan yang Anda sukai dan sekaligus merasa bersalah karenanya, Anda hanya membuang-buang waktu.

Diet sehat 

5. Buatlah rencana, meskipun itu cheat meal

Cheat meal merupakan cara untuk memuaskan semua keinginan Anda. Namun, meskipun diperbolehkan istirahat dari perjalanan diet, Anda juga harus belajar membuat rencana cheat meal yang memberi tahu Anda apa yang akan dimakan dan kapan akan memakannya.

Ini mungkin terlihat sedikit menahan, tetapi seiring waktu Anda akan menyadari betapa efektifnya dalam mendisiplinkan tubuh dan menjaganya.

6. Jaga keseimbangan nutrisi

Biasanya cheat meal berisi makanan olahan dan minuman manis, yang memiliki nilai gizi rendah. Meskipun Anda bebas makan apapun yang disuka sebagai cheat meal, yang terbaik adalah memiliki beberapa makanan sehat dan bergizi di piring.

Selain memiliki protein yang cukup, konsumsilah makanan berserat tinggi yang akan membantu melancarkan pencernaan setelah makan berat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini