Penderita Diabetes Jangan Khilaf di Akhir Pekan, Ini 6 Cara Tetap Sehat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 14 November 2020 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 14 612 2309590 penderita-diabetes-jangan-khilaf-di-akhir-pekan-ini-6-cara-tetap-sehat-aLZubsivbz.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

AKHIR pekan biasanya menjadi waktu berkumpul baik bersama teman maupun keluarga. Jika sudah berkumpul, maka tidak jarang kita mengonsumsi segala makanan yang jarang kita makan.

Bahkan, jika sehari-hari kita menjaga pola makan, maka hal itu bisa saja gagal saat alhir pekan. Meski begitu, bagi Anda yang memiliki gejala diabates, tentunya sangat penting untuk mengatur kadar gula darah. 

Nah, agar tidak terjadi efek samping yang merugikan, ada baiknya Anda mengontrol diabetes dengan cara berikut seperti dilansir Times of India.

Diabetes

Batasi porsi makan

Alih-alih makan 2-3 kali lebih besar dalam sehari, cobalah makan 4-5 porsi kecil sebagai gantinya. Makan dengan porsi kecil akan mencegah lonjakan gula mendadak dan menjaga diabetes Anda tetap terkendali.

Siapkan camilan sehat

Siapkan camilan sehat dengan menggunakan buah dan kacang kering. Ganti gula putih Anda dengan gur atau stevia dan pastikan Anda tetap terhidrasi sepanjang hari.

Hindari makan berlebihan

Makan berlebihan adalah hal yang sangat umum terjadi selama pesta berlangsung. Untuk menghindari makan berlebihan, pilihlah piring yang lebih kecil untuk dimakan. Cobalah untuk tidak menggunakan gadget atau berbicara dengan orang saat Anda makan.

Pilih nasi merah

Memilih nasi merah daripada nasi putih bisa menjadi cara mudah untuk mengatur kadar gula darah Anda. Nasi putih memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat menyebabkan lonjakan tiba-tiba kadar gula darah Anda.

Hindari produk bakery

Tidak semua toko roti melakukan apa yang diklaim label mereka, jadi sebaiknya hindari biskuit, roti dan makanan ringan lainnya. Hindari juga makanan ringan yang digoreng seperti samoas, pakodas dan jalebi.

Tetap berolahraga

Kami tahu pesta adalah waktu untuk berbahagia dan rasanya tak lengkap jika tidak ada alkohol. Tapi jangan berlebihan dengan alkohol. Alkohol memiliki banyak gula yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini