Keren, Mural Ini Mampu Atasi Polusi Kota

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 15 November 2020 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 14 612 2309684 keren-mural-ini-mampu-atasi-polusi-kota-QrWG42WaTs.jpg Salah seorang wanita tengah menggambar di bangunan (Foto: odditycentral.com

Mural terbaru di Kota Warsawa, Polandia tidak hanya merupakan karya seni yang estetis, namun cara yang cerdik untuk mengatasi polusi perkotaan. Mural ini dilukis menggunakan cat fotokatalitik dengan titanium dioksida, di salah satu gedung yang menghadap stasiun metro Politechnika yang sibuk.

Mural tersebut dilaporkan mampu menarik polutan di udara sebelum mengubahnya menjadi nitrat yang tidak berbahaya melalui proses kimiawi yang melibatkan sinar matahari. Cat, yang disebut KNOxOUT, bereaksi dengan nitrogen oksida (NOx), yang dibuat oleh mobil, pabrik, dan pembangkit listrik saat bersentuhan dengan permukaan lukisan dinding.  

Sinar matahari bertindak sebagai katalisator untuk proses yang mengubah nitrogen oksida menjadi air sejumlah kecil CO2 dan kalsium nitrat. Kalsium nitrat tersapu saat hujan, meninggalkan kanvas bebas untuk menarik lebih banyak polutan.  

Mural ramah lingkungan 

Baca juga: Gaya Anya Geraldine Pertama Kali Gowes Sepeda, Cantik Gemesin!

Sebagaimana dilansir Oddity Central, Warsawa menjadi kota ketiga, setelah Bangkok dan Beograd, yang menyelenggarakan mural ramah lingkungan seperti ini. Namun lebih banyak mural 'Hutan Kota' yang akan muncul di Lima, Sydney, Jakarta, Manila, Sao Paulo, Santiago, Johannesburg, Melbourne, Bogota, dan Panama City.

Konsep utama proyek Converse's City Forest adalah gagasan 'menanam pohon' di mana mereka mungkin tidak dapat tumbuh. Seniman Polandia Maciek Polak dan Dawid Ryski merancang gambar tersebut. Tapi lukisan sebenarnya dibuat oleh seniman lokal, Good Looking Studio.  

“Visi saya tentang masa depan yang lebih baik tercermin dengan baik dalam proyek kami. Saya melihatnya sebagai simbiosis antara kota dan alam, yang saling melengkapi dengan sempurna,” kata Dawid.  

Ketiga mural yang dibuat sejauh ini dilaporkan memiliki kapasitas pembersihan udara 1.470 pohon.

(kem)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini