Mengenal Ayam Cemani, Telurnya Bisa Capai Rp250 Ribu per Butir

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 15 November 2020 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 15 298 2309849 mengenal-ayam-cemani-telurnya-bisa-capai-rp250-ribu-per-butir-t5Yy69i31d.jpg Ayam cemani (Foto: Pinterest)

MasterChef Indonesia mengejutkan publik. Pasalnya, kontes memasak paling terkenal di Indonesia itu menggunakan ayam cemani sebagai bahan utamanya.

Ya, ayam hitam yang kerap dikaitkan dengan hal mistis itu ternyata bisa menjadi santapan, meski terdengar sangat asing. Sebab, beberapa orang mungkin mengetahui bahwa ayam ini kerap dijadikan sesajen dalam ritual tertentu.

 ayam cemani

Dalam buku berjudul 'Panen Rezeki dengan Beternak Ayam Hias Cemani', ayam cemani adalah ayam hias yang biasanya digunakan dalam ritual-ritual upacara adat.

Warna hitam pada ayam cemani disebabkan oleh kondisi genetik yang disebut fibromelanosis. Kondisi inilah yang menyebabkan mutasi gen endothelian-3 (EDN-3) yang menyebabkan lapisan epidermis ayam menghasilkan pgmen hitam. Semakin dewasa, jumlah gennya semakin meningkat, bahkan sampai sepuluh kali lipat dibanding ayam biasa.

Ayam ini memiliki warna serba hitam, mata hitam, tulang, hati, dan daging juga hitam. Hanya warna darah yang tetap merah, dan telur seperti ayam kampung. Dibandingkan ayam kampung lainnya, Ayam cemani memiliki kelebihan mampu bertelur sampai 40 butir.

Nah, terkait dengan hal mistis yang melekat pada ayam cemani, Menurut Budayawan Jawa, Joko Pengging, ayam cemani yang kerap dikaitkan dengan hal mistis di bulan Suro rupanya hanyalah kepercayaan.

Ya, ayam hitam ini dipercaya sebagai media pengobatan dan tolak teluh atau santet (tolak bala).

Lebih lanjut, ayam cemani ini ternyata sudah populer di dunia. Untuk hidangan ayam cemani saja, Anda bisa merogoh kocek hingga Rp35 juta per porsi.

Diterangkan Ketua Komunitas Black Indonesia (BI), Sultan, ada satu restoran di Amerika yang menyediakan hidangan ayam cemani dengan harga Rp35 juta per ekor. Mahalnya harga jual olahan ayam cemani mengikuti tingginya permintaan ayam tersebut.

Tidak hanya daging, masih kata Sultan, harga telur ayam cemani pun fantastis. Telur ayam cemani untuk ekspor dihargai Rp250 ribu per butir, sedangkan harga lokal Rp35 ribu. "Jika kami bisa mengekspor dalam bentuk DOC harganya jauh lebih mahal lagi. Hanya saja kita tidak bisa menjual dalam bentuk anakan," kata Sultan.

Baca: Intip Gaya Raisa Main TikTok, Netizen: Mau Diajarin WOAAAH Enggak?

BI juga telah mengekspor telur ayam hitam tersebut ke sejumlah negara seperti Amerika, Philipina, dan Uni Emirat Arab. Bicara soal khasiat, ayam cemani dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini