5 Manfaat Pepaya untuk Kulit, Salah Satunya Bikin Glowing

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 15 November 2020 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 15 611 2309811 5-manfaat-pepaya-untuk-kulit-salah-satunya-bikin-glowing-jd8ACPHH50.jpg Manfaat pepaya (Foto: Times of India)

Pepaya adalah buah yang banyak tumbuh di negara tropis. Di Indonesia, pepaya merupakan salah satu buah yang mudah dicari. Karenanya, harganya pun cukup terjangkau.

Pepaya merupakan salah satu buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Selain baik untuk pencernaan, pepaya juga memiliki manfaat untuk kulit lho. Melansir Authority Signal pada Sabtu (14/11/2020), berikut 5 manfaat pepaya.

 masker pepaya

1. Bikin kulit glowing

Pepaya memiliki enzim khusus yang disebut papain yang berfungsi sebagai exfoliator alami yang mengangkat sel kulit mati dan juga membantu perbaikan kulit.

Disisi lain, penggunaan pepaya secara teratur membantu mengunci kelembapan, mengurangi ukuran pori-pori, dan mencegah kerutan. Sisi positifnya, Anda akan mendapatkan kulit bercahaya yang selalu Anda inginkan.

2. Melembabkan kulit

Disaat banyaknya produk pelembab bermunculan, Anda juga bisa menggunakan pelembab alami untuk menjaga kulit dari bahan-bahan kimia yang dapat menimbulkan efek samping, seperti menggunakan pepaya misalnya.

Pepaya dengan khasiatnya dapat menyejukkan membuat kulit Anda lembut dan kenyal. Pepaya melembabkan kulit Anda dan menjaga kelembapannya sepanjang waktu.

3. Mengurangi hiperpigmentasi

Pigmen berlebihan pada kulit memang bikin kita insecure! Tapi tenang saja, karena pepaya dapat mengatasi masalah tersebut. Buah ini sifat pengelupasan yang sangat baik. Oleh karena itu, membantu menghilangkan sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel baru dengan mengobati hiperpigmentasi.

Tidak hanya itu, beta-karoten, enzim, dan fitokimia yang ditemukan dalam pepaya meningkatkan warna kulit Anda. Pepaya adalah penyembuh yang hebat sehingga Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada pigmen Anda.

4. Mengurangi keriput

Ya, kulit pepaya dapat membersihkan dan mencegah kerutan dini serta menjaga kulit tetap muda dan bercahaya. Karena mengandung enzim yang mengangkat sel-sel mati dari permukaan kulit.

Karotenoid yang ada dalam pepaya juga membantu melawan radikal bebas yang memecah kolagen dan elastin, yang menyebabkan kulit kendur dan keriput.

Baca: Intip Gaya Raisa Main TikTok, Netizen: Mau Diajarin WOAAAH Enggak?

5. Membantu mengurangi gejala eksim

Faktanya, pepaya membantu dalam mengatasi masalah kulit. Kebaikan enzim papain mengelupas sel kulit mati sekaligus meringankan kotoran kulit. Ini jauh lebih mudah dan lebih alami daripada semua perawatan lain yang tersedia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini