6 Manfaat Buah Kiwi, Sering Konsumsi Yuk

Adella Christyanti, Jurnalis · Senin 16 November 2020 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 298 2310206 6-manfaat-buah-kiwi-sering-konsumsi-yuk-exYqPeLjhZ.jpg Manfaat buah kiwi (Foto: Pixabay)

Buah kiwi merupakan yang memiliki rasa asam dan segar. Buah ini tersedia dalam warna hijau dan kuning. Tidak hanya Itu, buah kiwi ini juga penuh nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan kalium.

Buah kiwi juga memiliki banyak antioksidan dan merupakan sumber serat yang baik. Biji hitam kecilnya bisa dimakan, begitu pula kulit cokelatnya yang berbulu halus, meski banyak yang lebih suka mengupas kiwi sebelum memakannya.

Seperti dilansir dari healthline, ada beberapa manfaat dari buah kiwi untuk kesehatan Anda. Berikut inilah 6 manfaat kesehatan dari buah kiwi.

 buah kiwi

1. Dapat membantu mengobati asma

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah kiwi yang tinggi diduga dapat membantu mengobati penderita asma. Satu studi dari tahun 2000 menemukan bahwa ada efek menguntungkan pada fungsi paru-paru di antara mereka yang mengonsumsi buah segar secara teratur, termasuk kiwi. Buah segar seperti kiwi dapat mengurangi asma pada anak-anak.

2. Membantu pencernaan

Buah kiwi memiliki banyak serat yang baik untuk pencernaan. Mereka juga mengandung enzim proteolitik yang disebut aktinidin yang dapat membantu memecah protein. Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa ekstrak kiwi yang mengandung aktinidin meningkatkan pencernaan sebagian besar protein.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kiwi padat nutrisi dan penuh vitamin C. Faktanya, hanya 1 cangkir kiwi memberikan sekitar 273 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Vitamin C adalah nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda untuk menangkal penyakit. Satu studi menemukan bahwa kiwi dapat mendukung fungsi kekebalan dan mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit seperti flu atau pilek. Hal ini terutama terjadi pada kelompok berisiko seperti orang dewasa di atas usia 65 tahun dan anak kecil.

4. Dapat membantu mengatur tekanan darah

Buah kiwi tidak hanya dapat memberikan dorongan ekstra untuk sistem kekebalan tubuh kita, tetapi juga dapat membantu kita mengelola tekanan darah. Dalam jangka panjang, ini juga berarti menurunkan risiko kondisi yang dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi, seperti stroke atau serangan jantung.

5. Mengurangi pembekuan darah

Selain membantu kita mengatur tekanan darah, kiwi ternyata dapat mengurangi pembekuan darah. Sebuah studi dari Universitas Oslo menemukan bahwa makan dua hingga tiga kiwi sehari secara signifikan menurunkan risiko pembekuan darah. Mereka juga ditemukan mengurangi jumlah lemak dalam darah.

 Baca juga: 3 Kawah Misterius Ditemukan di Mars, Diduga Berusia 4 Miliar Tahun

6. Melindungi diri dari kehilangan penglihatan

Degenerasi makula adalah penyebab utama kehilangan penglihatan, dan kiwi dapat membantu melindungi mata Anda darinya. Satu studi menemukan bahwa dengan makan tiga porsi buah sehari, degenerasi makula berkurang 36 persen.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini