Relawan Satgas Covid-19 Minta Tokoh Masyarakat Tak Abai Protokol Kesehatan

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 16 November 2020 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 481 2310501 relawan-satgas-covid-19-minta-tokoh-masyarakat-tak-abai-protokol-kesehatan-X4RZuGXk3P.jpg Pandemi virus corona (Foto:Consumer Reports)

Pandemi Covid-19 yang masih melanda di Indonesia, mengakibatkan dampak yanguar biasa kepada seluruh masyarakat, baik kesehatan hingga perekonomian. Untuk itu pemerintah selalui mengingatkan selalu mematuhi protokol kesehatan.

Pemerintah kerap mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu Mencuci Tangan dengan Sabun, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Aman Minimal 1 Meter.

 Satgas

"Namun, masih banyak ditemukan anggota masyarakat yang tidak mengindahkan dan menganggap protokol kesehatan sebagai sesuatu yang sepele terutama dalam penggunaan masker dan berkumpul," ujar Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Andre Rahadian dalam keterangan resminya yang Okezone terima, Senin (16/11/2020).

Andre mengatakan, agar Indonesia terlindung dan bebas dari Covid-19, diperlukan kolaborasi total dari seluruh lapisan masyarakat untuk saling bahu membahu dengan saling menegur, dan menjaga orang terdekat dalam hal penerapan protokol kesehatan.

Selain itu, kata Andre, para tokoh masyarakat memegang peran sangat penting dalam mengajak dan menjaga masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari.

"Para tokoh masyarakat ini adalah ujung tombak, kedisiplinan serta kepatuhan mereka dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi suatu contoh panutan bagi para pengikutnya, jangan malah melakukan kegiatan yang bertentangan dengan protokol dan membahayakan masyarakat," katanya.

Kedisiplinan di era pandemi ini adalah sebuah gerakan pra-vaksin yang bisa berjalan dengan sukses jika didukung oleh kolaborasi, dan dukungan dari seluruh pihak.

Menurutnya satgas terutama Bidang Koordinasi Relawan mengingatkan, bahwa puluhan bahkan ratusan ribu relawan sudah bekerja mengedukasi, mengajak dan mengingatkan masyarakat untuk menerapkan perubahan perilaku sebagai satu-satunya jalan menghindari penularan Covid-19.

 Baca juga: 3 Kawah Misterius Ditemukan di Mars, Diduga Berusia 4 Miliar Tahun

"Jangan sampai usaha selama delapan bulan ini, dengan banyak pengorbanan, hilang karena tokoh masyarakat yang abai. Tolong pikirkan nasib masyarakat yang bisa tertular, terutama kelompok rentan," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini