Olahraga Pakai Masker, 5 Hal Ini Harus Anda Perhatikan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 16 November 2020 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 481 2310564 olahraga-pakai-masker-5-hal-ini-harus-anda-perhatikan-0hQTcBlkFo.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Bagi Anda yang berolahraga di dalam rumah, mungkin tak mengapa jika Anda tidak mengenakan masker. Namun jika Anda ingin melakukan olahraga di luar rumah, menggunakan masker tentu jadi persoalan yang wajib dilakukan.

Masker mencegah partikel debu dan kuman masuk ke saluran pernapasan Anda. Bertentangan dengan kepercayaan populer, itu tidak membahayakan asupan atau retensi oksigen atau karbondioksida Anda. Tapi, tetap saja bisa mengganggu pola pernapasan Anda, membuat Anda merasa pusing atau sesak. Masalahnya lebih sering terjadi saat Anda berolahraga karena kita menghirup lebih banyak udara saat itu.

Karena itu, melansir Times of India pada Senin (16/11/2020), berikut 5 hal yang harus Anda perhatikan ketika berolahraga menggunakan masker.

Pilih masker yang tepat

Olahraga Pakai Masker

Hal pertama adalah memilih jenis masker yang tepat. Masker yang Anda pilih tidak hanya melindungi Anda dari kuman dan debu, tetapi juga harus terbuat dari bahan yang dapat bernapas.

Saat Anda membeli masker untuk diri sendiri, pastikan masker terbuat dari bahan katun yang dapat bernapas dan tidak basah serta lembap saat Anda berkeringat selama sesi latihan. Anda juga dapat membawa masker ekstra sendiri sehingga Anda dapat menggantinya jika diperlukan.

Baca Juga : Cantiknya Katty Butterfly Kondangan Sule-Nathalie Holscher, Netizen: Cepet Nyusul Dut!

Jangan memaksakan kemampuan

Pada hari-hari biasa, Anda mungkin ingin menantang tubuh Anda dengan memaksakan diri, tetapi saat berolahraga dengan masker, hindari melakukannya. Meski masker tidak membatasi asupan oksigen, Anda pasti mengalami semacam ketidaknyamanan. Penting untuk menetapkan tujuan yang realistis saat ini dan jangan memaksakan tubuh Anda terlalu keras.

Hentikan olahraga jika detak jantung Anda terlalu tinggi

Olahraga Pakai Masker

Saat melakukan latihan aerobik, kita menghirup lebih banyak udara dan detak jantung kita meningkat. Tapi kita perlu mengawasi detak jantung kita dan jika Anda merasa tidak nyaman atau detak jantung Anda terlalu tinggi maka Anda harus segera berhenti berolahraga. Duduklah di suatu tempat dan cobalah untuk rileks. Jika Anda mengalami nyeri dada, kunjungi dokter.

Jaga agar diri Anda tetap terhidrasi

Berdasarkan penelitian, dehidrasi dapat meningkatkan detak jantung Anda selama sesi olahraga. Jadi, minumlah banyak air sebelum dan selama sesi olahraga Anda. Tetap terhidrasi membuat detak jantung Anda terkendali dan mencegah sakit kepala.

Istirahatlah

Jangan lupa untuk istirahat di sela-sela rutinitas latihan Anda. Seperti jika Anda berjalan cepat selama 10 menit kemudian istirahat 2 menit, minum air dan kemudian lanjutkan. Waktu istirahat yang singkat selama sesi latihan memberi waktu tubuh Anda untuk rileks.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini