Beautypedia, Apa Itu Sampo?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 16 November 2020 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 611 2310304 beautypedia-apa-itu-sampo-43owQNXdHA.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Rasanya belum lengkap jika memiliki kulit sehat tetapi rambut masih terlihat kusam, rontok, dan bercabang. Karena itu, merawat rambut sama pentingnya dengan merawat kulit.

Perawatan dasar yang bisa Anda lakukan pada rambut adalah dengan menggunakan sampo. Jika Anda belum familiar dengan rangkaian haircare product, setidaknya cuci saja rambut Anda secara teratur menggunakan sampo. Setelah itu, Anda bisa mulai mencari jenis perawatan rambut yang sesuai.

Melansir NCBI pada Senin (16/11/2020), sampo adalah salah satu produk perawatan yang bisa Anda gunakan untuk mencuci rambut. Menariknya, sampo tidak hanya berfungsi sebagai pembersih kulit kepala dan rambut, tetapi sebagai tambahan dalam penanganan berbagai gangguan kulit kepala.

Untuk mencapai hal ini, berbagai bahan dalam proporsi yang tepat dicampur untuk menghasilkan sampo yang sesuai untuk individu yang memiliki jenis rambut dan kebutuhan rambut yang berbeda. Di antara bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan sampo adalah deterjen, kondisioner, pengental, zat penyerap, pengatur pH, pengawet, dan bahan tambahan khusus.

sampo

Mereka digunakan dalam beberapa cara tergantung pada keadaan rambut dan kebutuhan individu. Saat ini, sampo juga memiliki fungsi sekunder yang berfungsi untuk melembutkan dan mempercantik rambut dan untuk menenangkan kulit kepala yang teriritasi dalam kondisi seperti dermatitis seboroik.

Baca Juga : Resmi Dinikahi Sule, Nathalie Holscher Cantik Pakai Gaun Bertabur Swarovski

Sampo biasanya mengandung deterjen sintetis (syndets) atau surfaktan sebagai pembersih utama. Deterjen atau surfaktan adalah amfifilik, yang berarti molekul deterjen mengandung situs lipofilik dan hidrofilik. Lipofilik membantu mengikat sebum dan kotoran berminyak sementara ujung hidrofilik mengikat air; memungkinkan pengangkatan sebum saat mencuci dengan air.

Ada lima kategori deterjen sampo, yakni Anionik, kationik, non-ionik, amfoter dan alami. Masing-masing kelompok ini memiliki kualitas pembersihan dan pengkondisian rambut yang berbeda.

Untuk sampo yang ditujukan untuk rambut berminyak, deterjen dengan kualitas penghilang sebum yang kuat dipilih, tetapi jika ditujukan untuk rambut yang diwarnai atau diwarnai secara permanen, deterjen lembut dipilih untuk mengurangi sebum.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini