Serangan Cuaca Panas, Ini 4 Cara Melindungi Kulit Kita Guys

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 16 November 2020 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 611 2310422 serangan-cuaca-panas-ini-4-cara-melindungi-kulit-kita-guys-rYHndFIl9R.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya kenaikan suhu di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari terakhir. Hal ini tidak terlepas dari kedudukan semu gerak matahari tepat di atas Pulau Jawa dalam perjalanannya.

Menurut BMKG, gerak matahari menuju posisi 23 lintang selatan setelah meninggalkan ekuator. Posisi semu Matahari di atas Pulau Jawa akan terjadi 2 kali, yaitu di November dan April sehingga puncak suhu maksimum mulai dari Jawa hingga NTT terjadi di seputar bulan-bulan tersebut.

Saat cuaca panas, kesehatan dan kecantikan kulit pun harus mendapat perhatian ekstra. Tentunya ini berlaku tidak hanya untuk para wanita, tetapi juga bagi para pria.

Nyatanya, perawatan kulit juga diperlukan oleh laki-laki loh. Salah satunya saat cuaca panas, yang namanya skincare tidak boleh sampai terlewat.

kulit wajah

Tenang, langkah perawatan kulit untuk laki-laki di cuaca panas simpel saja kok. Melansir Timesofindia, berikut ulasan singkat beberapa cara sederhana di antaranya :

Tisu muka

Tisu wajah menjadi berguna ketika sedang berada di bawah terik matahari yang membuat diri jadi berkeringat deras dan terasa sangat lengket. Dengan adanya tisu wajah, cukup tarik satu lalu bersihkan wajah secara seksama, voila! Wajah langsung terasa segar. Pilihlah face wipes yang jenisnya cocok dengan kulit dan kebutuhan diri.

Face wash

Ini wajib guys! Mungkin beberapa pria ada yang tidak terbiasa mencuci muka secara teratur. Tetapi menggunakannya sekali sehari adalah penting di cuaca panas demi menjaga pori-pori kulit wajah tidak tersumbat. Jika pada hari itu kegiatan sedang banyak dan begitu aktif, tidak ada salahnya juga untuk digunakan dua kali dalam sehari.

Hidrasi

Buat diri untuk tetap terhidrasi yakni dengan minum banyak air mineral. Sementara itu, penting juga untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, salah satunya dengan cara menggunakan pelembap.

Tahukah Anda, jika kita tidak melembapkan, pada dasarnya kulit akan akan mulai mengeluarkan minyaknya sendiri sehingga akhirnya membuatnya terlihat mengkilap dan terasa lengket.

Melindungi diri

Cover up! Saat beraktivitas di luar rumah, apalagi berkendara motor, wajib hukumnya untuk melindungi diri dan kulit dengan baik. Hindari mengenakan kemeja atau T-shirt setengah lengan.

Gunakan pakaian model lengan panjang, mungkin merasa agak pengap, tetapi kita bisa menariknya ketika sudah berada di dalam ruangan. Selain itu, jangan pernah keluar rumah tanpa mengoleskan tabir surya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini