Mengenal Eximus IV, Kendaraan Paling Efisien di Dunia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 16 November 2020 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 612 2310219 mengenal-eximus-iv-kendaraan-paling-efisien-di-dunia-2okyZxW0ZE.jpg Eximus kendaraan paling efisien (Foto: Oddity)

Eximus IV menjadi gerbong kereta buatan para pelajar yang telah mencetak rekor efisiensi bahan bakar sejak 2016. Saat ini Eximus IV kembali membuktikan dirinya sebagai kendaraan paling efisien di dunia dalam kontes tahunan Delsbo Electric.

Setiap tahun, tim dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke trek yang dibuat khusus di Swedia. Mereka menguji kendaraan ultra hemat energi yang dirancang untuk menempuh jarak sejauh mungkin dengan bahan bakar sesedikit mungkin.

 Eximus

Kontestan ditugaskan untuk mengemudikan kendaraannya di lintasan rel sepanjang 3,36 kilometer untuk meminimalisir hambatan.

Selain itu kendaraan yang diperlombakan juga wajib mengangkut total enam penumpang, dengan berat rata-rata 50kg per orang. Sejak memasuki kompetisi empat tahun lalu, Eximus IV telah menjadi legenda kompetisi, dan tahun ini sekali lagi membuktikan kemampuannya.

Konsumsi energi untuk kendaraan yang berpartisipasi diukur dalam watt-jam dan kemudian dibagi dengan jumlah penumpang di dalamnya. Pada tahun pertama berpartisipasi dalam kontes Delsbo Electric, Eximus IV, yang terbuat dari bahan pesawat ultra-ringan, memenangkan tempat pertama dengan 0,840 watt-jam per orang-per kilometer. Tetapi rekor itu meningkat setiap tahun.

Melansir dari Odditry Central, Senin (16/11/2020), tahun lalu, tim Eximus IV, kolaborasi Dalarna University dan Chalmers Technical University di Swedia kembali mencetak rekor baru dengan 0,603 watt-hour per orang-per kilometer. Kompetisi tahun ini yang berlangsung bulan lalu, memperlihatkan kendaraan super ringan tersebut dengan efisiensi tercatat 0,517 watt-jam per orang-per kilometer.

Semua kendaraan yang bersaing dalam kompetisi Delsbo Electric sangat hemat bahan bakar, mereka menggunakan lebih sedikit energi daripada lampu depan mobil biasa. Tetapi kehematannya tidak ada yang bisa mendekati Eximus IV.

“Secara teori, Eximus IV dapat mengangkut seseorang hampir di belahan dunia menggunakan energi yang terkandung hanya dalam satu liter (0,26 gal) bensin,” kata CTO Delsbo Electric, profesor Henrik Rödjegård.

Menariknya, meskipun balapan di Delsbo Electric sangat kompetitif, balapannya juga sangat lambat. Seseorang dapat dengan mudah mengikuti kendaraan saat mengendarai sepeda. Tetapi itu tidak masalah sebab kontes ini membahas tentang efisiensi bahan bakar dan bukan kecepatan.

Lintasan yang dibuat khusus di Delsbo Electric dilengkapi dengan peralatan pengukur mutakhir, yang memungkinkan tim memantau kinerja kendaraan dengan cermat. Hal ini memungkinkan tim Eximus IV untuk melihat lonjakan konsumsi yang tidak biasa selama lap pertama, yang ternyata disebabkan oleh jarak 8-mm (0,3 inci) antara roda dan satu titik di rel.

 Baca juga: 3 Kawah Misterius Ditemukan di Mars, Diduga Berusia 4 Miliar Tahun

Mereka membuat penyesuaian yang diperlukan pada jarak sumbu roda, dan melanjutkan untuk mencetak rekor dunia baru. Meskipun Eximus IV bukanlah kendaraan yang diproduksi secara massal, inovasi yang diperkenalkan penciptanya setiap tahun membantu penelitian lebih lanjut di bidang efisiensi bahan bakar untuk kendaraan komersial.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini