Mengenal Philo dan Caladium, Tanaman Hias yang Viral Ditukar Mobil Ratusan Juta

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 16 November 2020 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 612 2310224 mengenal-philo-dan-caladium-tanaman-hias-yang-viral-ditukar-mobil-ratusan-juta-YRKKJZf4Wv.jpg Caladium (Foto : caladiumbulbs.com)

Suatu video viral menggegerkan netizen. Di video itu, seorang pencinta tanaman hias rela menukar mobilnya dengan dua jenis tanaman yaitu Philo dan Canadium.

Bila dilihat lebih jauh, jumlah tanaman yang ditukar sebanyak 4 pot dengan 1 pot berukuran besar. Jika dikalkulasikan ke dalam rupiah, satu pot tanaman itu bisa dihargai Rp25 juta, jika harga jual mobil tersebut Rp100 juta.

Hal yang tidak masuk akal memang tapi, begitu informasi yang coba disampaikan video tersebut. Kejadian itu terjadi di Kediri, namun belum ada yang memastikan bahwa itu momen sungguhan, bukan hanya rekayasa untuk menaikan harga tanaman hias.

Baca Juga : Viral Tanaman Hias Ditukar Mobil Ratusan Juta, Netizen Heboh!

Di sisi lain, Okezone coba mencari tahu kedua jenis tanaman yang dinilai langka dan berharga jual tinggi. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

1. Philo

Tanaman Hias Ditukar Avanza

(Foto : klikhijau.com)

Philodendron selloum yang ada di video memiliki istilah atau nama lain yaitu philodendron jari. Nama tersebut muncul karena bentuk daunnya yang mirip dengan jari-jari manusia.

Pemanfaatan tanaman hias ini biasanya untuk dekorasi pesta pernikahan. Selain itu, tentu bisa juga jadi tanaman hias yang bisa mempercantik rumah Anda.

2. Caladium

Caladium

(Foto : caladiumbulbs.com)

Sementara itu, untuk daun Caladium sendiri punya kekhasan di daunnya. Jadi, semakin jelas warna dan corak yang muncul di daunnya, maka semakin tidak biasa daun tersebut. Hal ini yang kemudian membuat harganya semakin mahal.

Tanaman hias ini tergolong tanaman yang suka sekali dengan air. Maksudnya, membutuhkan banyak air. Tapi, jangan kemudian Anda terlalu sering menyiram tanaman hias ini karena bisa membusuk juga. Jadi, sewajarnya saja atau ditambahkan sedikit air saat menyiramnya.

Sedikit tips juga, pastikan Caladium mendapat asupan sinar matahari yang cukup. Hal ini menjadi penting supaya pertumbuhannya baik. Namun, pada beberapa jenis Caladium, ada yang tidak boleh langsung kena sinar matahari, misalnya jenis alocasia.

So, tertarik untuk merawat dua tanaman yang lagi viral ini karena dihargai satu unit mobil ratusan juta?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini