Yuk Ajari Anak Berkebun, Simak 4 Manfaatnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 16 November 2020 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 612 2310534 yuk-ajari-anak-berkebun-simak-4-manfaatnya-q1Yh5ngJeP.jpg Ilustrasi. (Foto: Thespurce)

MENANAM tanaman hias jadi salah cara untuk mengusir stres di tengah pandemi Covid-19. Tak ada salahnya pula Moms mencoba menanam sayuran di pot loh.

Menanam sayuran di pot tidaklah sulit. Manfaatnya pun melimpah, karena kalau panen Anda bisa mengonsumsi sayuran yang lebih sehat.

Dikatakan Ketua Umum Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani (PT HKTI) Dian Novita Susanto, dengan memanfaatkan lahan kosong dan pekarangan rumah dapat mengurangi krisis pangan dalam rumah tangga. Mengingat pendapatan para ibu-ibu juga yang masa pandemi ini jauh menurun.

“Maka para perempuan dapat menanam sayur mayur dengan menggunakan pot, mudah dan biaya yang terjangkau dengan mendapat manfaat yang luar biasa,” kata Dian lewat keterangan resminya.

Saat menanam sayuran, jangan lupa libatkan si kecil. Ada juga manfaatnya yang didapatkan si kecil, dilansir Todayparents, Senin (16/11/2020).

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Islami Bermakna Kebaikan dan Kerinduan

Mendapatkan bakteri baik

Tanah dan tanaman bisa menyebarkan bakteri baik untuk anak-anak. Karena itu, Bunda jangan takut kotor saat anak bersentuhan dengan tanah dan air, yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Mengajarkan anak tentang lingkungan

 kebun

Usahakan sejak kecil anak kenal lingkungan. Karena lingkungan akan mengenalkan si kecil terhadap hal-hal sederhana. Jangan biarkan anak-anak bermain di dalam rumah, sekedar main gadget, menonton televisi atau hanya menghabiskan waktu di kamarnya.

Lebih suka makan sayur dan buah

Ajak anak-anak menanam buah dan sayuran di halaman rumah. Pastikan ajari dia cara berkebun yang benar. Studi menyebutkan, anak-anak yang suka berkebun lebih banyak yang doyan makan sayur dan buah. Karena mereka pasti akan menunggu-nunggu hasil panennya.

Aktivitas fisik

Anda juga harus membiasakan si kecil untuk beraktivitas fisik. Ajak dia bercocok tanam, pasti akan suka. Banyak momen aktivitas fisik yang membuatnya berkeringat. Seperti memanen sayuran, mengangkat tanah, menyiram tanaman, dan banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini