Dinginkan Ruangan Tanpa Nyalakan AC, Begini 7 Caranya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 612 2310553 dinginkan-ruangan-tanpa-nyalakan-ac-begini-7-caranya-oezSEU9vfT.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

CUACA panas yang melanda Pulau Jawa memang membuat kita lebih sulit tidur. Pasalnya, suhu kamar kita akan meningkat dengan adanya cuaca panas ini.

Jika suhu ruangan terlalu panas, maka proses pendinginan alami tubuh akan terganggu. Oleh karenanya, suhu yang disarankan untuk tidur adalah 15 hingga 19 derajat celcius. Sementara suhu kamar terbaik untuk bayi dan balita sedikit lebih tinggi, yaitu 18 hingga 21 celcius.

Salah satu cara untuk membuat rumah terasa nyaman ditempati saat cuaca panas mungkin dengan menyalakan pendingin atau air conditioner (AC). Akan tetapi, menyalakannya terus menerus tentu akan membuat tagihan listrik meningkat.

Untungnya ada sejumlah trik sederhana yang bisa membantu mendinginkan rumah di musim panas tanpa perlu menyalakan AC. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini seperti yang Okezone rangkum dari Reader’s Digest.

kamar tidur

Tutup tirai

Jendela dapat membuat sekira 25 persen hawa panas masuk ke rumah. Oleh karenanya, menutup jendela dengan tirai dapat membuat rumah tetap dingin tanpa AC.

Menggunakan kaca film

Kaca film menawarkan banyak manfaat, mulai dari memotong biaya energi hingga memberi privasi sambil tetap menikmati pemandangan dan cahaya di luar ruangan. Kaca film dapat mengurangi hingga 98 persen pengurangan panas inframerah dan mengurangi ketidakseimbangan suhu di rumah.

Membalik arah bilah kipas angin

Selain AC, kipas angin biasa digunakan untuk mendinginkan ruangan. Bila biasanya bilah kipas angin berputar searah jarum jam, pada musim panas harus diubah. Bilah kipas harus berputar berlawanan arah jarum jam guna mendorong udara lurus ke bawah. Saat cuaca panas, tingkatkan kecepatan perputaran kipas.

Memasang kanopi

Kanopi berfungsi untuk melindungi rumah dari sinar matahari. Jumlah panas yang diserap oleh bangunan rumah bisa berkurang karena adanya kanopi. Dengan begitu suhu menjadi lebih dingin.

Letakkan semangkuk es

Selain mengubah arah kipas angin, meletakkan semangkuk es di depannya bisa membuat hawa panas menjadi lebih baik. Es di depan kipas dapat menciptakan semilir angin yang sejuk.

Menanam tanaman merambat

Tanaman merambat tumbuh dengan cepat dan memberikan keteduhan. Tanaman ini dapat mengurangi suhu ruangan dengan cara menghalangi sinar matahari yang memanaskan dinding eksterior.

Ganti penggunaan lampu pijar

Lampu pijar menghabiskan 90 persen energi dari panas yang dipancarkannya. Untuk menjaga rumah tetap dingin tanpa membeli AC, perubahan kecil seperti mengganti lampu pijar dengan lampu hemat energi dapat memberikan efek signifikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini