Bikin Timun Sheng Lezat Yuk, Ini Resepnya

Adella Christyanti, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 298 2310913 bikin-timun-sheng-lezat-yuk-ini-resepnya-sXR9OUsYVb.jpg Timun Sheng (Foto: Inst Anekamasakanbunda)

Acar biasanya terbuat dari beberapa bahan sayur seperti timun dan wortel yang dipadu dengan campuran gula, garam dan cuka. Sehingga acar ini memang memiliki rasa yang asam manis, sedikit pedas dan menyegarkan.

Namun, apakah Anda pernah membuat acar timun dengan dicampur olahan udang? Rasanya segar, manis dan lezat sangat cocok disantap dengan nasi hangat.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Berikut dikutip dari Instagram @anekamasakanbundaku, Resep timun sheng, acar timun bola udang.

 udang

Bahan bola udang:

-750 gram udang fresh (cukup geprak)

-150 gram samcan cincang

-2 batang daun bawang (iris halus)

-2 siung bawang putih (cincang halus)

-2 sdm tepung terigu

-4 sampai 5 sdm tepung kanji /tani

-1 sdm tepung maizena

Bumbu bola udang:

-1 sdm saus tiram

-1 sdm kecap ikan

-1 sdt bubuk merica/lada

-1 sdm gula

-1 sdm minyak wijen

-1 sdm kecap encer/asin.

-1/2 sdt penyedap (bila suka)

-1 btr telur kecil (telur kampung)

-1/2 sdt baking powder (sesuai selera)

Bahan acar:

-2 batang mentimun

-Sedikit jahe

-1 batang wortel

-2 siung bawang putih (dicacah)

Baca juga: Potret Anggun Najwa Shihab, Putri Habib Rizieq yang Dinikahi Irfan Alaydrus

Bumbu penyedap:

-3 sdm saus tomat

-1 sdm saus cabe

-1 sdm saus tiram

-1 sdm gula

-Sedikit air

Cara membuat bola udang:

1. Aduk merata bumbu, telur serta udangnya. Jika sudah rata, baru tambahkan tepung-tepungnya, lalu aduk hingga rata dengan bantuan 2 sendok, langsung kita buat bulat-bulat.

2. Jika sudah dibulat-bulatkan langsung kita goreng. Jika sudah tiriskan, sisihkan di lapisin tisu makanan, bila uda turun minyak. Kemudian sajikan.

Cara membuat acar:

1. Buang kulit mentimun secara selang seling, buang bjinya, iris-iris, lalu asinin dengan garam, bilas lagi, peras kering, tabur gula dan cuka, bersamaan dengan jahe dan wortel.

2. Ambil sedikit minyak. Tumis sampai wangi bawangnya, lalu masukan bumbu cairnya. Kemudian aduk-aduk hingga rata, lalu masukan wortel dan jahenya, sambil masukan dengan bola udangnya, kemudian aduk-aduk kembali.

3. Lalu tambahkan cairan dari asinan timunnya. Masak sampai agak layu, baru masukan mentimunnya. Aduk sebentar, kemudian angkat (bila agak berair, bisa tambah larutan maizena), kemudian sajikan dengan nasi hangat. Yummy!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini