Adanya Vaksin Belum Jamin Orang Bebas Covid-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 481 2310798 adanya-vaksin-belum-jamin-orang-bebas-covid-19-c1449MHA4f.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Vaksin menjadi salah satu penangkal Covid-19 yang hingga saat ini masih dicari, termasuk di Indonesia. Namun uji coba masih dilakukan untuk mengetahui vaksin manakah yang ampuh menyelesaikan problematika pandemi.

Lalu apakah dengan berhasilnya ditemukan vaksin akan menjamin orang tidak terkena paparan virus Covid-19?

Menurut dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur, dr. Indah Fitriani, Sp.PD, hal ini belum bisa dipastikan karena harus melalui uji klinis terlebih dahulu.

vaksin covid-19

"Ini berarti maksudnya fungsi proteksi vaksinnya berapa persen. Ini pertanyaan yang harus dijawab melalui uji klinis, tingkat proteksinya brp persen," katanya saat dihubungi Okezone, beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Intip Bulan Madu Kevin Aprilio-Vicy Melanie, Romantis di Kolam Renang!

Ia melanjutkan, apabila hasil proteksi tersebut mencapai 100 persen, maka bisa dikatakam ampuh mencegah virus SARS CoV2 ini.

Oleh karenanya, kata dokter Indah, mengenai vaksin tersebut belum bisa dipastikan apakah orang yang memakainya (vaksin) dapat terbebas dari Covid-19, atau malah masih rentan tertular. "Iya. Tergantung uji klinis dari Sinovacnya," terangnya.

Dikutip dari laman wikipedia, Sinovac atau Sinovac Biotech Ltd. adalah perusahaan biofarmasi yang berfokus pada riset, pengembangan, pembuatan dan komersialisasi vaksin-vaksin yang mencegah penyakit menular manusia. Perusahaan tersebut bermarkas di Beijing, Tiongkok.

vaksin covid-19

Selain itu jika vaksin sudah ditemukan pun, masyarakat masih belum bisa terlepas dari masker dan protokol kesehatan lainnya. Hal ini dikarenakan, untuk mengembalikan kehidupan normal seperti dulu butuh waktu yang cukup lama, juga bertahap.

"Iya, jangan bermimpi kembali ke kehidupan awal sebelum Covid-19 datang," kata dokter Indah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini