Menkes Terawan Beri Penghargaan Kesehatan Lingkungan untuk Terminal dan Pelabuhan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 20:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 481 2311270 menkes-terawan-beri-penghargaan-kesehatan-lingkungan-untuk-terminal-dan-pelabuhan-E9CfBLkhLg.jpg Menkes Terawan (Foto : YouTube/Kementerian Kesehatan RI)

Pandemi virus corona Covid-19 yang belum kunjung berakhir membuat pemerintah Indonesia terus berupaya mendorong implementasi kesehatan di berbagai wilayah. Beberapa tempat yang difokuskan pemerintah salah satunya adalah fasilitas umum termasuk pelabuhan dan bandar udara (bandara).

Selain itu rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan, terminal dan Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) tak luput dari perhatian pemerintah. Sebagai wujud apresiasi dari upaya implementasi kesehatan, pemerintah memberikan penghargaan bidang kesehatan lingkungan 2020.

Penghargaan ini telah melibatkan lintas sektor yang meliputi Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup, higga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menkes Terawan

Menteri Kesehatan Indonesia, dr. Terawan Agus Putranto mengatakan inisiasi ini, berguna sebagai bentuk pencegahan Covid-19. Salah satunya dengan penerapan protokol kesehatan termasuk di tempat fasilitas umum.

"Sesuai peraturan pemerintah, kegiatan ini bisa menjadi momentum mengajak seluruh komponen anak bangsa dalam perilaku hidup sehat serta penerapan protokol di tempat dan fasilitas umum," ujar Menteri Terawan dalam siaran pers acara ‘Pemberian Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan Tahun 2020’, Selasa (17/11/2020).

Baca Juga : Intip Bulan Madu Kevin Aprilio-Vicy Melanie, Romantis di Kolam Renang!

Menurut dr. Terawan, penghargaan tersebut juga sebagai bentuk dukungan dan apresiasi bagi stakeholder terkait untuk terus memperbaiki protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Seperti, terminal dan pelabuhan sehat, hingga pelayanan yang bebas alat kesehatan bermerkuri. Sehingga fasilitas umum memberikan kesehatan bagi masyarakat dan menekan penyebaran Covid-19 di masa pandemi yang belum berakhir ini," lanjut Terawan.

Selain itu Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menambahkan bahwa upaya implementasi kesehatan di fasilitas umum memang penting untuk didorong oleh berbagai kementerian atau lembaga terkait. Selain itu, kebijakan yang terintegrasi dalam protokol kesehatan lingkungan ini pun perlu terus dioptimalkan.

"Agar semua pihak bisa menerapkan kesadaran, jangan kendor mengimplementasikan protokol kesehatan," tuntasnya.

Sebagaimana diketahui jumlah terminal di Indonesia pada 2020 terdiri dari terminal tipe A sebanyak 97 terminal, tipe B sebanyak 294 terminal dan tipe C terdiri dari 400 terminal.

Menhub

Pemenang Terminal Tipe A di antaranya, juara 1 diraih Terminal Tirtonadi Surakarta, juara 2 diraih Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang DKI Jakarta dan juara 3 diraih Terminal Insinyur Soekarno Kab. Klaten.

Sementara pemenang Terminal Tipe B di antaranya, juara 1 diraih Terminal Maospati Provinsi Jawa Timur, juara 2 diraih Terminal Banjar Negara Jawa Tengah, juara 3 diraih Terminal Anjuk Ladang Provinsi Jatim.

Pemenang Terminal Tipe C di antaranya juara 1 diraih Terminal Gunung Pati Kota Semarang, juara 2 diraih Terminal Madyopura Kota Malang dan juara 3 diraih Terminal Condong Catur Kab Sleman.

Tak hanya terminal, ada pula perwakilan penerima penghargaan pelabuhan sehat 2020 ada Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Jakarta dan Pelabuhan khusus PT Badak LNG, Bontang. Adapun Penghargaan Bandara Sehat 2020 yaitu diraih oleh Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini