Hindari 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit Cantik Anda

Novia, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 611 2310924 hindari-7-kebiasaan-buruk-yang-bisa-merusak-kulit-cantik-anda-wMjYurgFLa.jpg Terlalu banyak minum alkohol (Foto: Cheeky Complexion)

Mulai dari pengelupasan berlebihan hingga penggunaan peralatan riasan yang tidak bersih adalah kebiasaan kulit buruk yang harus dihindari.

Seberapa sering seseorang melewatkan mencuci muka di malam hari karena hari yang lelah? Bahkan membeli riasan yang sudah lama tanpa melihat tanggal kadaluwarsanya.

Kulit awet muda, cantik dan bercahaya adalah tanda pertama dari kesehatan yang baik, tetapi inilah penyebab yang sering kali menjadi kebiasaan kulit terburuk yang dimiliki wanita.

 merokok

1. Merokok

Ini salah satu kejahatan kulit terbesar. Merokok tidak hanya mengurangi aliran darah di kulit, tetapi juga membuat Anda rentan terhadap paparan racun langsung pada kulit dan darah. Selain itu, kebiasaan ini menimbulkan kerutan serta kulit kusam.

2. Mandi dengan air panas

Tentu saja, semua orang menyukai pemandian air panas yang lama, tetapi selain dapat membuat rileks, hal itu juga dapat sangat merusak kulit wajah. Kulit di wajah sangat lembut dan karena panas air, kapiler bisa melemah, menyebabkan kemerahan dan kulit kering.

3. Mengonsumsi alkohol

Ini adalah tindakan yang sangat berbahaya. Penelitian telah menunjukkan bahwa risiko wanita terkena kanker payudara meningkat sekitar enam persen untuk setiap minuman beralkohol tambahan yang dia konsumsi. Rata-rata, setiap hari dan secara keseluruhan, 5.000 kematian akibat kanker setahun dikaitkan dengan alkohol. Dan alasan lain untuk tidak meminum alkohol itu, adalah efek buruknya pada kulit.

Selain tampilan kusam akibat terlalu banyak minum, hal itu juga dapat membuat kulit dehidrasi dan menghilangkan minyak alami, sehingga membuatnya sangat kering.

Baca juga: Potret Anggun Najwa Shihab, Putri Habib Rizieq yang Dinikahi Irfan Alaydrus

4. Menggunakan kuas riasan yang kotor

Jika Anda tidak mau bersusah payah untuk membersihkan perangkat rias Anda dengan kuasnya dll, Anda bisa terkena jerawat yang menyebabkan infeksi bakteri. Oleh karena itu, penting untuk mencuci kuas dengan sampo yang lembut sekali seminggu dan membiarkannya mengering semalaman.

5. Kurang tidur

Menurut ahli kulit, kurang tidur dapat menyebabkan stres, yang pada gilirannya menyebabkan kondisi kulit seperti jerawat, dan bahkan psoriasis. Tidur delapan jam adalah kebutuhan pokok karena pada malam hari tubuh memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan pada siang hari dan kulit beregenerasi sendiri.

6.  Memencet  jerawat

Memang menggoda untuk melakukannya, tetapi memencet jerawat hanya bisa mendorongnya lebih dalam ke dalam kulit. Bakteri masuk lebih dalam ke pori-pori, menyebabkan infeksi dan jerawat akan lebih parah. Kotoran dan minyak adalah penyebab timbulnya jerawat jadi jaga kebersihan kulit dengan mencuci wajah dengan sabun wajah ringan dua kali sehari

7. Mengobrol lewat telepon

Percaya atau tidak, tetapi telepon Anda dapat membahayakan kulit Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bagaimana menyandarkan pipi ke ponsel dapat menyebabkan munculnya jerawat, terlepas dari apakah ponsel bersih dan bebas bakteri atau tidak. Ini karena panas dan gesekan yang ditimbulkan menyebabkan timbulnya jerawat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini