5 Jenis Ular yang Aman Dipelihara Pemula

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 612 2310944 5-jenis-ular-yang-aman-dipelihara-pemula-8kBDg8DnV8.jpg Ular yang cantik (Foto: Wallpaper Better)

Akhir tahun merupakan waktu bagi para ular liar berkembang biak. Tak heran jika warga perumahan Bekasi Timur Regency Lima, Kota Bekasi, Jawa Barat digegerkan dengan penemuan 12 anak king kobra dan induknya dari 21 telur yang sudah menetas.

Selain itu warga juga menemukan delapan induk ular king kobra dan jenis ular lainya yang bersarang di dalam rumah kosong. Bagi beberapa orang, ular memang hewan yang menakutkan, tapi pada dasarnya makhluk melata yang satu ini juga bisa dijadikan hewan peliharaan yang menarik.

Meski demikian seseorang tidak bisa sembarangan dalam memelihara ular. Terdapat beberapa jenis ular dengan karakter tertentu yang aman untuk dipelihara. Melansir dari Reptile Magazine, Selasa (17/11/2020), berikut lima referensi ular yang aman dipelihara untuk para pemula.

 ular jagung

1. Ular jagung

Ular jagung atau biasa disebut Pantherophis guttata adalah ular peliharaan paling populer yang ada. Mereka cukup patuh, mudah ditangani dan dirawat. Ular jagung masih menjadi salah satu ular peliharaan yang paling populer karena sikap, dan kombinasi warna yang dimilikinya.

Ular ini tidak tumbuh terlalu besar. Anda tidak perlu kandang dan jika Anda ingin membiakkannya, ular jenis ini sangat mudah berkembang biak.

2. California kingsnakes

California Kingsnakes atau biasa disebut Lampropeltis getula californiae dianggap ular raja karena kemampuan mereka untuk membunuh dan memakan ular derik serta beberapa ular lainnya. Di California Selatan, kingsnake sangat populer baik dalam perdagangan maupun untuk di alam liar.

Mereka menjadi ular pemula yang super populer, meskipun mereka sedikit lincah jika tidak cukup sering ditangani. Di alam liar ular ini adalah pengumpan yang oportunistik, dan sangat bersemangat memburu dan memakan ular lain.

3. Rosy boa

Rosy Boa atau biasa disebut Lichanura trivirgata, tidak sepopuler ular jagung atau California kingsnake. Tapi mereka masih merupakan ular peliharaan yang populer. Mereka cukup jinak, dan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Mereka tumbuh hingga 4 kaki ketika.

Hewan ini biasanya tidak ditemukan di toko hewan peliharaan atau ritel besar, di mana Anda dapat dengan mudah menemukan ular jagung dan ular piton. Rosy boa adalah ular berumur panjang, dan mampu hidup lebih dari 25 tahun atau lebih.

4. Gopher snake

Ular Gopher yang memiliki nama ilmiah Pituophis spp. Mereka merupakan salah satu ular yang paling baik dipelihara. Mereka memiliki berbagai morf, dan cukup mudah ditemukan dan dijual serta harganya sangat wajar.

Ular gopher tumbuh dengan panjang sekira 3 sampai 6 kaki, dengan panjang rata-rata 4 sampai 5 kaki. Mereka adalah ular bertubuh berat yang bisa hidup hingga lebih dari 15 tahun di penangkaran.

Baca juga: Potret Anggun Najwa Shihab, Putri Habib Rizieq yang Dinikahi Irfan Alaydrus

 

5. Piton bola

Python Bola yang memiliki nama latin Python regius adalah ular peliharaan yang paling populer. Mereka menarik perhatian karena jumlah morf yang dimiliki serta sikapnya yang sangat pemalu. Dengan teknik perawatan yang tepat, seorang pemula tidak akan sulit untuk menyimpan python bola.

Python bola membutuhkan kelembaban di kandangnya karena mereka asli dari Afrika Tengah dan barat. Python bola betina tumbuh sekitar 3 sampai 5 kaki, sementara jantannya berukuran lebih kecil yakni 2 sampai 3 kaki panjangnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini