Daftar Khasiat Clay Mask untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Diana Rafikasari, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 481 2311469 daftar-khasiat-clay-mask-untuk-perawatan-kulit-dan-rambut-NSjV219jAm.jpg Ilustrasi (Foto: Sketchy Sloth)

Perawatan kulit bisa dilakukan oleh pria dan wanita. Perawatan kulit, khususnya wajah bisa mengandalkan bahan-bahan alami.

Untuk merawat kulit wajah, Anda bisa menggunakan masker tanah liat atau clay mask. Clay mask atau masker tanah liat memiliki beberapa manfaat seperti menyerap minyak berlebih, membantu mengatasi kulit kering, dan mencegah timbulnya jerawat.

Beberapa penelitian menemukan bahwa masker ini efektif memberikan manfaat untuk kulit dan rambut. Bahkan, hal ini terbukti sejak dahulu, di mana tanah liat sudah digunakan selama beradab-abad untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Sementara itu, idealnya clay mask digunakan tidak lebih dari dua kali per minggu untuk mencegah efek samping seperti kering, rasa gatal, kemerahan dan ruam.

Berikut manfaat potensial dari clay mask yang harus Anda ketahui dilansir dari Healthline, Rabu (18/11/2020).

1. Mencegah jerawat

Clay mask berpotensi menyerap minyak dari kulit dan mencegah jerawat ringan, seperti jerawat klasik dan komedo. Jenis jerawat ini terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh kotoran dan minyak yang berlebihan.

2. Membuka pori-pori dan merawat kulit berminyak

Menggunakan clay mask dua kali seminggu dapat membantu mengatasi minyak berlebih dari pori-pori. Banyak orang mengklaim tanah liat hijau adalah yang terbaik untuk mengeringkan kulit.

3. Mengobati dermatitis, psoriasis, eksim, dan rosacea

Menurut studi 2017, lotion yang mengandung sejenis lempung bentonit yang disebut quaternium-18 bentonite berpotensi mengurangi gejala dermatitis yang disebabkan oleh poison ivy dan poison oak.

 Untuk merawat kulit wajah, Anda bisa menggunakan masker tanah liat atau clay mask.

Baca juga: Perhatikan Kualitas Tidur untuk Cegah Gagal Jantung

4. Mempertahankan kelembapan

Menurut sebuah studi tahun 2016, ketika tanah liat mengeras, menciptakan lapisan yang dapat membantu kulit mempertahankan kelembapan.

5. Meningkatkan kesehatan rambut

Beberapa orang berpendapat bahwa tanah liat dapat mengeluarkan kotoran dan minyak dari kulit kepala untuk meningkatkan kesehatan rambut. Masker tanah liat dapat membantu mengatasi ketombe, rambut kering dan rusak, keriting dan kerusakan panas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini