5 Cara Cegah Risiko Kanker Prostat Sebelum Terlambat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 481 2311637 5-cara-cegah-risiko-kanker-prostat-sebelum-terlambat-j8nKKYQF6e.jpg Ilustrasi (Foto : Healthline)

Kanker prostat mengintai sebagian besar populasi pria di dunia. Di Indonesia, diperkirakan terdapat 25.012 pria yang menderita kanker prostat pada 2013. Lebih parahnya, penyakit yang menyerang organ vital ini baru terdeteksi ketika sudah masuk ke stadium lanjut. Alhasil peluang untuk sembuh semakin kecil dan berpotensi menimbulkan komplikasi.

Tidak hanya itu, angka kematian akibat kanker prostat di Indonesia juga terbilang tinggi mencapai 5.007 jiwa. Bahkan penyakit ini menduduki peringkat ketiga sebagai penyebab kematian bagi laki-laki di Indonesia.

Meski demikian risiko kanker prostat sebenarnya bisa dikurangi dengan beberapa cara. Merangkum dari Mayo Clinic, Rabu (18/11/2020), berikut ulasannya.

1. Konsumsi makanan sehat penuh buah dan sayuran

Diet Sehat

Makan berbagai macam buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dapat memberikan kontribusi bagi kesehatan manusia. Mengonsumsi makan makanan yang sehat dengan berbagai buah dan sayuran dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

2. Pilih makanan sehat daripada konsumsi suplemen

Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen berperan dalam mengurangi risiko kanker prostat. Sebaliknya, pilihlah makanan yang kaya vitamin dan mineral agar Anda bisa menjaga kesehatan kadar vitamin dalam tubuh.

Baca Juga : Heboh Foto Najwa Shihab Kenakan Kebaya Modern, Lebih Cantik dari Gaun Putih?

3. Berolahragalah hampir setiap hari dalam seminggu

Olahraga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, membantu mempertahankan berat badan dan meningkatkan suasana hati. Cobalah berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu. Jika Anda baru dalam olahraga, mulailah dengan perlahan dan tingkatkan waktu olahraga setiap hari. Cara ini dapat mengurangi risiko kanker prostat.

4. Pertahankan berat badan yang sehat

Olahraga Pakai Masker

Jika berat badan saat ini sehat, pertahankan dengan memilih diet sehat dan berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu. Jika perlu menurunkan berat badan, tambahkan lebih banyak olahraga dan kurangi jumlah kalori yang dimakan setiap hari. Minta bantuan dokter Anda untuk membuat rencana penurunan berat badan yang sehat.

5. Konsultasi dengan dokter tentang peningkatan risiko kanker prostat

Jika Anda memiliki risiko kanker prostat yang sangat tinggi, dokter mungkin mempertimbangkan pengobatan atau perawatan lain untuk mengurangi risiko tersebut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 5-alpha reductase inhibitor, termasuk finasteride (Propecia, Proscar) dan dutasteride (Avodart), dapat mengurangi risiko keseluruhan terkena kanker prostat.

Obat ini digunakan untuk mengontrol pembesaran kelenjar prostat dan rambut rontok. Namun, beberapa bukti menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi obat-obatan ini mungkin memiliki peningkatan risiko terkena bentuk kanker prostat yang lebih serius (kanker prostat tingkat tinggi).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini