5 Jenis Orang yang Berisiko Kena Kanker Prostat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 481 2311750 5-jenis-orang-yang-berisiko-kena-kanker-prostat-Gwu6a9CG02.jpg Pria obesitas (Foto: Medical News Today)

Kanker prostat menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh pria. Menariknya penderita kanker prostat baru terdeteksi ketika penyakit mereka sudah masuk ke stadium lanjut.

Tentunya penyakit yang menyerang organ vital ini memiliki beberapa penyebab yang sebenarnya bisa diketahui sejak dini. Melansir dari Mayo Clinic, Rabu (18/11/2020), kanker prostat mulai terbentuk ketika sel-sel di prostat mengembangkan perubahan DNA mereka.

Perubahan tersebut membuat sel untuk tumbuh dan membelah lebih cepat daripada sel normal. Sel abnormal terus hidup, ketika sel lain mati.

Sel abnormal yang terakumulasi membentuk tumor yang dapat tumbuh untuk menyerang jaringan di sekitarnya. Pada waktunya, beberapa sel abnormal dapat pecah dan menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh lainnya.

Selain itu terdapat pula beberapa faktor risiko yang menyebabkan seorang pria berpotensi mengalami kanker prostat. Beberapa diantaranya adalah.

 lansia

1. Pria lanjut usia

Risiko seorang pria terkena kanker prostat meningkat seiring bertambahnya usia. Ini paling umum terjadi setelah usia 50 tahun.

2. Suku dan ras

Untuk alasan yang belum ditentukan, orang kulit hitam memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat daripada orang dari ras lain. Pada orang kulit hitam, kanker prostat juga lebih cenderung menjadi agresif atau lanjut.

3. Riwayat keluarga

Jika kerabat sedarah, seperti orangtua, saudara kandung atau anak, telah didiagnosis menderita kanker prostat, maka risiko Anda mungkin meningkat. Selain itu, jika memiliki riwayat keluarga dengan gen yang meningkatkan risiko kanker payudara, risiko terkena kanker prostat juga mungkin lebih tinggi.

 Baca juga: Indahnya Persahabat antara Rakun dan Pensiunan Polisi Gunung

4. Kegemukan (obesitas)

Orang yang mengalami obesitas mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker prostat dibandingkan dengan orang yang dianggap memiliki berat badan yang sehat. Pada orang gemuk, kanker lebih cenderung menjadi lebih agresif dan lebih mungkin untuk kembali setelah perawatan awal.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini