Efektifkah Gurah untuk Bersihkan Paru?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 481 2311943 efektifkah-gurah-untuk-bersihkan-paru-JDIijmomn1.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Hari Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) atau biasa disebut World COPD Day diperingati setiap pekan ketiga November tiap tahunnya. Perayaan Hari PPOK tahun ini sedikit berbeda dengan sebelumnya karena mengangkat tema ‘Pejuang Penyakit Paru di Tengah Pandemi Covid-19'.

Oleh sebab itu menjaga kesehatan paru sangat dianjurkan dan sebisa mungkin dimulai sejak dini. Sebagian orang beranggapan dengan melakukan pengobatan tradisional seperti gurah dapat membersihkan kotoran dan penyakit yang ada pada paru. Namun, apakah cara ini efektif?

Batuk

Dokter Spesialis Paru, PDPI Cabang Jakarta, dr. Budhi Antariksa, Sp.P(K), Ph.D menjelaskan gurah pada dasarnya dilakukan untuk mengeluarkan dahak dalam saluran pernapasan. Ia menyebut bahwa tubuh manusia dirancang khusus dan memiliki kekuatan untuk mengeluarkan dahak dengan sendirinya.

“Yang paling penting adalah menghindari dahak yang semakin banyak sehingga akan menghalangi oksigen. Kalau dahaknya kental dan berwarna maka terjadi proses infeksi,” terang dr. Budhi, dalam Webinar ‘Pejuang Penyakit Paru di Tengah Pandemi Covid-19', Rabu (18/11/2020).

Ia pun mengajurkan seseorang yang memiliki masalah terhadap dahak untuk mengonsumsi obat pengencer dahak. Selain itu penggunaan antibiotik atau obat antijamur jika terindikasi mengalami infeksi atau jamur.

“Dianjurkan pula untuk mengonsumsi obat yang memiliki kandungan antioksidan, atau mengonsumsi buah-buahan tertentu yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin C,” lanjutnya.

Baca Juga : Hari Penyakit Paru Obstruktif Kronis, Dokter Minta Lansia di Rumah Saja

Terkait dengan olahraga bagi kesehatan paru, dr. Budhi mengajurkan masyarakat berfokus pada kegiatan yang meningkat kekuatan napas. Terutama kekuatan napas pada bagian otot daerah dada. Salah satu olahraga yang dianjurkan dan sangat bagus bagi sistem pernapasan adalah berenang.

“Kalau tidak bisa berenang, olahraga ringan seperti tarik dan buang napas secara panjang juga bisa membantu. Kami juga memiliki olahraga seperti senam asma yang fokusnya pada otot pernapasan. Dengan pernapasan yang bagus maka bisa menolong paru untuk mendapatkan oksigen yang baik,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini